Strategi Bertahan Hidup Petani Saat Musim Kemarau (Studi pada petani sayur Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu)

Chiari, Anwar (2015) Strategi Bertahan Hidup Petani Saat Musim Kemarau (Studi pada petani sayur Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti mengenai fenomena musim kemarau yang tidak sedikit membuat petani menghentikan aktifitas pertanian. Tidak terkecuali petani sayur yang ada di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Padahal, sebagian besar warga yang tinggal di Desa ini menggantungkan hidupnya di sektor pertanian. Maka dari itu, fokus dalam penelitin ini adalah ingin mengetahui bagaimana strategi yang diterapkan oleh petani sayur saat tidak ada aktifitas pertanian di musim kemarau untuk menambah pemasukan keuangan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Peneliti menggunakan teori etika subsistensi dari James Scott. Dalam teori tersebut, Scott membaginya menjadi tiga bagian, yang pertama adalah mengikat sabuk lebih kencang, alternatif subsistensi, dan pemanfaatan jaringan diluar lembaga keluarga. Menggunakan metode penelitian kualitatif, serta pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini, strategi bertahan hidup petani sayur yang tidak melakukan aktifitas pertanian di musim kemarau adalah dengan cara menerapkan strategi penghematan, dimana petani sayur biasanya setiap pagi mengkonsumsi nasi, diganti dengan jagung dan ubi. Kedua adalah dengan menerapkan srategi wirausaha dan jasa, dimana saat musim kemarau petani beralih pekerjaan menjadi pedagang bunga di sekitar jalan Desa Tulungrejo dan menjual jasa dengan cara menjadi tukang ojek. Ketiga yaitu dengan menerapkan strategi berhutang, petani memanfaatkan jaringan sosial yang mereka miliki dengan cara berhutang meminjam uang kepada teman dan tetangga di sekitar tempat tinggal mereka. Dan terakhir yaitu keempat, adalah dengan menerapkan strategi pemanfaatan lembaga Gapoktan, dimana petani yang tergabung dalam sebuah anggota kelompok tani, saling pinjam dan meminjamkan alat-alat penyedot air untuk mengairi sawah yang mereka miliki pada saat awal musim kemarau.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2015/434/051507971
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 300 Social sciences > 301 Sociology and anthropology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 10 Nov 2015 10:47
Last Modified: 21 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/121616
[thumbnail of 4._BAB_1-6_+_Dapus.pdf]
Preview
Text
4._BAB_1-6_+_Dapus.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2._Lembar_Persembahan.pdf]
Preview
Text
2._Lembar_Persembahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._Prnyataan_Orisinalitas_Skripsi.pdf]
Preview
Text
3._Prnyataan_Orisinalitas_Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._Cover,_kata_pengantar,_abstrak,_daftar_isi.pdf]
Preview
Text
1._Cover,_kata_pengantar,_abstrak,_daftar_isi.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item