Implementasi replikasi basis data melalui jaringan Virtual Private Network (VPN) pada PDAM kabupaten Malang.

Naufal, Yunan and Nurwarsito, Heru and Prayitno, Heri (2007) Implementasi replikasi basis data melalui jaringan Virtual Private Network (VPN) pada PDAM kabupaten Malang. Project Report. Fakultas Teknik - Universitas Brawijaya, Malang. (Unpublished)

Abstract

Saat ini PDAM Malang sudah memiliki aplikasi basis data terpusat dan sudah digunakan lebih dari 10 tahun. karena kebutuhan managemen, pihak PDAM menginginkan mendistribusikan aplikasi basis datanya ke setiap cabang. jika aplikasi basis data ini didistribusikan ke setiap cabang, maka akan muncul masalah saat mengintegrasikan data dan masing-masing cabang. selain itu pihak PDAM menginginkan perubahan data di setiap cabang dikirim secara berkala agar dapat menekan biaya komunikasi. salah satu alternatif untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh PDAM kabupaten Malang ini adalah menerapkan replikasi basis data terdistribusi menggunakan jaringan Virtual Private Network dengan proses update yang terjadwal. perancangan dan pengimplementasian replikasi basis data melalui jaringan Virtual Private Network (VPN) pada PDAM kabupaten Malang dilakukan dengan menggunakan microsoft SQL server 2000 sebagai basis datanya dan open VPN 2.0.9 untuk program aplikasi koneksi VPN. untuk bahan-bahannya diambil langsung dan PDAM yaitu data pelanggan PDAM kabupaten Malang dan data transaksi pembayaran rekening air selama 1 tahun.pengujian implementasi replikasi basis data melalui jaringan Virtual Private Network (VPN) dilakukan apakah telah berjalan sesuai yang diharapkan oleh tujuan awal dan pengerjaan penelitian ini. pengujian terdiri dari pengujian per blok dimana terdapat 3 pengujian yaitu; pengujian restore database, pengujian koneksi antar komputer, pengujian otomatisasi dial up, pengujian otomatisasi koneksi VPN dan pengujian replikasi. setelah pengujian per blok, dilakukan pengujian sistem secara keseluruhan, pengujian koneksi database pada aplikasi microsoft access dan pengujian keamanan data. pengujian-pengujian tersebut telah berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/005.74/IMP/i/2007/021100169
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.7 Data in computer systems > 005.74 Data files and database
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Sep 2018 04:13
Last Modified: 17 Jun 2022 03:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12134
[thumbnail of 021100169 sdh.pdf] Text
021100169 sdh.pdf

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item