Dimensi evaluatif place identity di perkotaan

Ernawati, Jenny and Mustikawati, Triandriani (2010) Dimensi evaluatif place identity di perkotaan. Project Report. Fakultas Teknik - Universitas Brawijaya, Malang. (Submitted)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menggali dimensi yang mendasari evaluasi masyarakat terhadap place identity (identitas suatu tempat sebagaimana yang dirasakan oleh seseorang) dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. lebih jauh penelitian ini juga dimaksudkan untuk menggali aspek-aspek lokal di perkotaan yang menjadi prediktor pengidentifikasian suatu tempat (place identity). konsep place identity dievaluasi berdasarkan 5 aspek: continuity. Familiarty attachment commitment,dan external evaluation.penelitian ini menggunakan metode survei dengan dua ratus empat puluh responden dipilih secara random berdasarkan daftar nama pada buku telepon terbaru.dengan menerapkan mean score analysis dapat diketahui tingkat itensitas place identity di perkotaan.sedangkan dimensi evaluatif place identity yang merupakan konsep penting dalam bidang ilmu psikologi lingkungan tersebut diungkapkan melalui analisis faktor,yang untuk selanjutnya dapat diketahui faktor-faktor penghunian yang mempengaruhi dimensi evaluatif place identity dengan mengaplikasikan analisis chi-square. selanjutnya aspek-aspek lokal apa saja di perkotaan yang menjadi prediktor place identity dapat diungkap melalui analisis regresi. hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat kota Malang mengidentifikasikan dirinya dengan komunitas dan lingkungan fisik kota Malang dengan baik. selanjutnya penelitian ini menemukan ada 3 dimensi evaluatif place identity, yaitu evaluasi internal, evaluael eksternal, dan komitmen. secara bersama-sama ketiga faktor tersebut memberikan konstribusi 51,6% bagi terbentuknya place identity.lebih jauh penelitian ini juga menemukan bahwa tiga variabel penghunian,yaitu status kepemilikan rumah,tempat kelahiran, dan lama tinggal berpengaruh terhadap terbentuknya place identity.

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/155.2/ERN/d/2010/021100187
Uncontrolled Keywords: Dimensi evaluatif, identitas tempat, area urban
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.2 Individual psychology
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Users 20 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2018 03:43
Last Modified: 29 Dec 2021 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12127
[thumbnail of 021100187.pdf]
Preview
Text
021100187.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item