Refleksi Etis Terhadap Penggunaan Daya Tarik Seksual dalam Iklan (Studi Kualitatif tentang Persepsi Khalayak atas Iklan Televisi Axe di Indonesia).

Aprilia, Lyssa (2015) Refleksi Etis Terhadap Penggunaan Daya Tarik Seksual dalam Iklan (Studi Kualitatif tentang Persepsi Khalayak atas Iklan Televisi Axe di Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Daya tarik pesan (message appeal) pada iklan merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menarik perhatian konsumen dan untuk mempengaruhi perasaan mereka terhadap produk, jasa atau ide yang ditawarkan. Idealnya penggunaan daya tarik pesan disesuaikan dengan nilai dan norma dalam masyarakat dimana iklan tersebut diputar Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerimaan audiens terhadap iklan Axe sehingga dapat diperoleh gambaran tentang tafsir etis tidaknya messege appeal yang ditawarkan iklan-iklan tersebut. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Penelitian dilakukan dengan melakukan wawancara dengan 10 responden yang terdiri atas kalangan Staff salah satu PR Konseling yang ada di Jakarta, Mahasiswa FISIP UB dan Ibu Rumah Tangga di Jombang Hasil Penelitian ini mengungkapkan bahwa iklan merupakan tempat untuk memperkenalkan sebuah produk/jasa, dimana terdapat generation gap yang memberikan pandangan berbeda mengenai konsep etis dan tidak etis dalam Iklan Axe. Selain perbedaan antar generasi, perbedaan demografi, tingkat pendidikan, dan pandangan tentang agama juga dapat mempengaruhi bagaimana konsumen memandang etika sebuah iklan. Menurut penelitian ini Axe diminati bukan hanya karena kegunaan dari fungsinya yang sebagai produk yang mewangikan tetapi bagaimana produk itu dikemas terutama penggunaan media iklan yang dibuat semenarik mungkin. Namun pesan dari iklan ini sendiri menggunakan sensualitas hanya sebagai daya tarik kepada masyarakat/ pemirsa supaya tertarik dan membeli produk dari iklan ini. Disarankan penelitian untuk jenis/tipe iklan yang serupa yaitu menyinggung tentang etis seharusnya tidak secara langsung karena terbukti dari hasil wawancara ketika menyinggung masalah etis terdapat perubahan jawaban yang tidak seperti tanggapan awalnya

English Abstract

Message appeal in advertisement is one of the ways used to attract attention of the consumers and influence their feelings towards the products, services, or ideas offered. Ideally, the usage of message appeal in advertisement should consider the ethical principles applied. This research aims to understand the audience’s acceptance on Axe advertisement to gain insights of perception whether the message appeal showed on the advertisement is ethical or not. The methodology used is qualitative method with descriptive approach. The sampling method is using purposive sampling. The research was completed by conducting interview session with 10 respondents that consist of the employees of PR consultant in Jakarta, university students of FISIP UB and housewives in Jombang. The result of this research shows that advertisement is a media to introduce a product/service in which there is a generation gap who gives different perspective of ethical and unethical concept in Axe advertisement. In addition to the differences of generation, the differences of demographic, level of education and view of religion can also influence how consumers see ethical issue in an advertisement. According to this research, people bought Axe not only because of its benefits and functions as a deodorant but how the product is packaged especially by utilizing the most attractive advertisement. The conclusion of this research is using sensuality only to approach customers or potential buyers to attract them to buy the product from the advertisement. It is advisable for the same reasearch on the same type of advertisement to discuss about ethical issues indirectly because from the interview session result when discussing about ethical issues, there were changes on the answers that are different from the previous response.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2015/103/051502546
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Apr 2015 10:00
Last Modified: 21 Oct 2021 03:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/121251
[thumbnail of 9_Refleksi_Etis_Terhadap_Penggunaan_Daya_Tarik_Pesan_Seksual_Lyssa_Aprilia_0811223035.pdf] Text
9_Refleksi_Etis_Terhadap_Penggunaan_Daya_Tarik_Pesan_Seksual_Lyssa_Aprilia_0811223035.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item