Regulasi Emosi Mahasiswa Penyandang Tunarungu Dalam Relasi Dengan Kawan Sebaya

Riahta, Rafidah (2014) Regulasi Emosi Mahasiswa Penyandang Tunarungu Dalam Relasi Dengan Kawan Sebaya. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pendidikan di jenjang perguruan tinggi memberikan kesempatan kepada mahasiswa penyandang tunarungu untuk membangun relasi bersama mahasiswa non penyandang tunarungu. Akan tetapi, pada perkembangan mahasiswa penyandang tunarungu di sekolah inklusif terkadang mengalami hambatan dalam membangun relasi sehingga menimbulkan emosi negatif dari mahasiswa penyandang tunarungu. Regulasi emosi membantu mahasiswa penyandang tunarungu untuk mengelola emosi positif ataupun negatif dengan kondisi lingkungan sekitar agar dapat mempertahankan relasi dengan kawan sebaya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui cara regulasi emosi mahasiswa penyandang tunarungu dalam relasi dengan kawan sebaya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif fenomenologi. Pada penelitian ini, pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini berjumlah 3 mahasiswa penyandang tunarungu dengan metode pemilihan subjek purposive sampling. Hasil dari penelitian ini adalah regulasi emosi dilakukan mahasiswa penyandang tunarungu ketika menjalin relasi kawan sebaya yang sesuai ataupun tidak sesuai dengan kriteria kawan sebaya yang disenanginya. Cara regulasi emosi yang dilakukan oleh semua subyek adalah Modifikasi Situasi dan Menyeleksi Situasi.

English Abstract

Education at the college level provides an opportunity for deaf students to build relationships with students from non-deaf. However, the development of deaf students in inclusive schools sometimes have problems in building relationships that lead to negative emotions of students with hearing impairment. Emotion regulation helps deaf students to manage a negative or positive emotions with environmental conditions in order to maintain relationships with peers. The purpose of this study was to determine how emotion regulation deaf students in relation to peers. This research was conducted by qualitative method of phenomenology. In this study, data collection was done by interview and observation. Subjects of this study were 3 other deaf students with subject selection purposive sampling method. Results of this research is carried emotion regulation deaf students when establishing peer relationships appropriate or not in accordance with the criteria peers who pleases. How to emotion regulation performed by all subjects was Modifications Situation and Selecting situation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2014/502/051502409
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 300 Social sciences > 320 Political science (Politics and government)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 25 Mar 2015 08:43
Last Modified: 21 Oct 2021 01:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/121177
[thumbnail of skripsi_bab_1.pdf]
Preview
Text
skripsi_bab_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_3_skripsi.pdf]
Preview
Text
bab_3_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_2.pdf]
Preview
Text
bab_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bab_IV_a.pdf]
Preview
Text
bab_IV_a.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of cover_skripsi.pdf]
Preview
Text
cover_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
Text
Bab_V.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item