Penentuan Kelas Area Bencana Lumpur Lapindo Menggunakan Pendekatan Logika Fuzzy Berbasis Spasial.

Dewi, Candra and Prasetiyo, Ginanjar Endra and Rahayudi, Bayu (2009) Penentuan Kelas Area Bencana Lumpur Lapindo Menggunakan Pendekatan Logika Fuzzy Berbasis Spasial. Project Report. Fakultas MIPA - Universitas Brawijaya, Malang. (Unpublished)

Abstract

Penentuan area yang berbahaya dari suatu sumber bencana sangat penting untuk memberikan informasi tentang area yang mungkin terdampak (vulnerability area) bencana tersebut. Analisa tingkat bahaya suatu area selain melibatkan analisa spasial juga memerlukan adanya evaluasi yang melibatkan berbagai kriteria. Dalam analisa tingkat bahaya terhadap bencana alam kadang timbul ketidak pastian /kekaburan yang terkait dengan adanya informasi yang tidak lengkap terhadap lingkungan sistem (vagueness. ambiguitas,fuzziness) dan ketidak pastian dalarn pengukuran (ketidakpresisian, fuzziness). Untuk kasus analisa tingkat bahaya yang memiliki informasi yang tidak presisi, metode standarisasi yang bisa digunakan adalah dengan metode fuzzy. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode fuzzy dalam evaluasi multi kriteria daerah berbahaya Lumpur Lapindo. Hasil yang diperoleh dari penerapan fuzzy dari masing-masing kriteria ini kemudian digunakan untuk menampilkan informasi area berdasarkan tingkat bahaya dengan menggunakan analisa spasial. Perhitungan nilai derajat keanggotan dengan menggunakan fungsi sigmoid naik, sigmoid turun dan fungsi linier naik. Sedangkan untuk analisa sensitilitas, digunakan nilai kriteria pada batas bawah, batas tengah dan batas atas. Berdasarkan hasil analisa spasial diketahui bahwa sekitar 71% area dikategorikan kelas kerawanan rendah (Z3), daerah dengan kelas kerawanan sedang (Z2) mencakup luas sekitar 27%, kelas keranan tinggi (Z1) dan daerah tidak rawan secara berturut-turut hanya rnenempati luasan 5% dan 2% dari total area pemukiman. Dari hasil overlay peta kerawanan ini dengan peta terdampak dapat diketahui bahwa terdapat daerah diluar daerah terdampak yang termasuk dalam kelas kerawanan sedang dan rendah. Dan dari hasil analisa sensitifitas diketahui bahwa zona Z1 dan Z2 tidak begitu sensitif untuk nilai dari batas bawah sampai tengah, zona Z4 tidak begitu sensitif untuk nilai dari batas tengah sampai batas atas, sedangkah Z3 sangat sensitiitef terhadap perubahan nilai kriteria.

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/658.403 3/DEW/p/2009/021100138
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.403 Decision making and information management > 658.403 3 Mathematical techniques of decision making
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Sep 2018 01:41
Last Modified: 17 Jun 2022 03:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12100
[thumbnail of 021100138 sdh.pdf] Text
021100138 sdh.pdf

Download (19MB)

Actions (login required)

View Item View Item