Apsari, Metta (2014) Pola Komunikasi pada Komunitas Role-Play di Situs DeviantART. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Komunitas virtual yang lahir dari perkembangan teknologi dalam komunikasi serta melibatkan peran internet dan komputer dalam berkomunikasi, menjadikan masyarakat virtual tidak membutuhkan tatap muka ataupun kesamaan tempat dan waktu para partisipannya (Rheingold, 2000, p. 48). Salah satu dari sekian jenis komunitas virtual yang berkembang adalah komunitas role-play. Komunitas role-play pada mulanya muncul karena kebutuhan manusia akan fantasi atau imajinasi demi kesehatan mental dan kehidupan sosial mereka. Karena seiring bertambahnya usia, manusia terkadang menjadi seseorang yang tidak sesuai dengan cita-citanya dulu (Bowman, 2010, p. 7). Kekhasan dalam komunitas ini didapat terutama dari adanya karakter imajiner yang mereka ciptakan (selanjutnya disebut sebagai OC) untuk ikut dibawa di dalam interaksi pada komunitas. Penelitian ini akan berfokus pada analisis dari peristiwa komunikasi, komponen yang membentuknya, serta kompetensi yang dihasilkan dari interaksi yang terjadi di dalam komunitas role-play di situs DeviantART. Penelitian ini akan menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Informan yang akan digunakan adalah beberapa kelompok role-play yang terdaftar di situs DeviantART. Penelitian ini menggunakan teknik observasi partisipan sebagai teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua pola komunikasi yang terjadi di dalam komunitas role-play di DeviantART. Yaitu pola komunikasi antar role-player dan pola komunikasi antar OC mereka. Kedua jenis interaksi ini tergantung pada hubungan antara role-player yang bersangkutan, sejauh mana mereka berteman dekat. Karena bila hubungan role-player itu makin dekat, maka akan besar kemungkinan, proses role-play yang terjadi akan lama dan terarah. Hal tersebut kemudian akan berimplikasi kepada pola komunikasi antar OC.
English Abstract
Virtual community born from the development of technology in communication, also includes internet and computer for communicating. This means, virtual community doesnt require a face to face or similarity in place and time for the participants (Rheingold, 2000, p. 48). Role-play community is a one kind of a virtual community. This community first appeared because of human needs for fantasy or imagination for healthy psychic and social life. Regardless of time, humans experience the psychic strain of trying to portray these socially-imposed identity roles, which invariably fall short of who we originally thought we would become (Bowman, 2010, p. 7). The identity of this community is an imaginary character (also known as OC, derived from Original Character) which they created for interacting in the community. This research will be focused on analysis from communication event, component, and also competences from the interaction inside the role-play community on DeviantART. This research is using participant observatory for data collecting. The result of this research, revealed that there are two communication patterns inside role-play community on DeviantART. First is pattern of communication between role-players itself and second is pattern of communication between their OC. Both of them are depending on the relationship between role-players registered at DeviantART. Because as deeper as the relationship between role-players, role-play will happen in long term and complex. Then, it also will affect to the pattern of communication between their OC.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2014/307/051405888 |
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 09 Sep 2014 09:10 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 11:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/120961 |
Preview |
Text
051405888.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |