Kristianto, AuckyPutra (2014) Peran Smartphone Dalam Interaksi Sosial Anak Muda ( Studi Deskripsi Kualitatif Peran Smartphone Dalam Kelompok Persahabatan Anak Muda. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Seiring arus globalisasi dengan tuntutan kebutuhan pertukaran informasi yang cepat membuat peranan teknologi komunikasi menjadi sangat penting. Teknologi komunikasi dalam wujud smartphone ini merupakan fenomena yang paling unik dan menarik dalam penggunaannya. Dalam hal tersebut, perkembangan teknologi bisa mempengaruhi cara berinteraksi sosial dari para individu yang menggunakannya. Smartphone yang didalamnya terdapat CMC ( computer mediated communications ) ini adalah berbagai jenis program aplikasi yang digunakan untuk melakukan komunikasi antar dua orang atau lebih yang dapat saling berinteraksi melalui komputer yang berbeda. Yang dimaksud di sini bukanlah bagaimana dua mesin atau lebih dapat saling berinteraksi, namun bagaimana dua orang atau lebih dapat berkomunikasi satu dengan lainnya dengan menggunakan alat bantu komputer melalui program aplikasi yang ada pada komputer tersebut. (Fulk & Collins-jarvis 2001). Penelitian ini berfokus pada peranan smartphone dalam interaksi sosial persahabatan anak muda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak muda yang memiliki dan menggunakan smartphone serta anak muda yang mempunyai suatu kelompok pertemanan atau persahabatan. Hasil dari penelitian ini menunjukan Mereka menggunakan smartphonenya untuk melakukan proses interaksi sosial mereka baik interaksi primer maupun interaksi sekunder. Mereka juga sedikit menghilangkan anggapan banyak orang terhadap adanya smartphone yang mengatakan bahwa smartphone mempunyai kesan mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Hal tersebut bisa terjadi karena mereka merasa puas terhadap adanya smartphone tersebut. sesuai dengan pendekatan Pendekatan uses and gratification memberikan alternatif untuk memandang pada hubungan antara isi media dan audience, dan pengkategorian isi media berdasarkan fungsinya. (Bungin, 2006) Faktor yang lain yaitu kedekatan satu dengan anggota kelompok lainnya tumbuh karena adanya kesamaan dan kegemaran dalam minat suatu bidang tertentu. Hal ini berkaitan dengan dengan teori dari Kail & Cavanaugh (2000) yang menyatakan ada empat faktor yang dapat meningkatkan hubungan persahabatan yaitu proximity, simililarity, complementarity, dan physical attractiveness.
English Abstract
Along with the globalization demands rapid exchange of information makes the role of communication technologies is very important. Communication technology in the form of a smartphone is a phenomenon that most unique and interesting in its use. In such cases, technological developments may affect how the social interaction of the individuals who use them. Smartphone which there are CMC (computer mediated communications) are the different types of application programs that are used for communication between two or more people can interact through different computers. What is meant here is not how two or more machines can interact with each other, but how two or more people can communicate with each other using computer aids through existing application programs on the computer. (Fulk & Collins-jarvis 2001). This study focuses on the role of a smartphone in a friendly social interaction of young children. This study uses qualitative descriptive approach types. Informants were used in this study were young people who own and use a smartphone as well as young people who have a group of friends or friendship. The results of this study indicate they use a smartphone to make the process of social interaction they both interactions primary and secondary interactions. They are also a bit eliminate the assumption of the existence of a smartphone and more people are saying that the smartphone has a much closer impression and keep that close. This can happen because they are satisfied with the presence of the smartphone. accordance with the uses and gratification approach approach provides an alternative to look at the relationship between media content and audience, and categorizing media content based on its function. (Bungin, 2006) Another factor is the proximity of one to the other group members to grow because of the shared interests and preferences in a particular field. This relates to the theory of Kail & Cavanaugh (2000) who stated that there are four factors that can improve the friendly relations of proximity, simililarity, complementarity, and physical attractiveness.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2014/215/051404721 |
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 18 Aug 2014 13:38 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 10:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/120860 |
Preview |
Text
skripsi_complete.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |