Peran Tukang Becak Yogyakata Sebagai Publik Internal dalam Mendukung Destination Branding Kota Yogyakarta.

Angeline, Meyrieskha (2014) Peran Tukang Becak Yogyakata Sebagai Publik Internal dalam Mendukung Destination Branding Kota Yogyakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jogja Never Ending Asia” merupakan konsep destination branding yang dibuat dengan tujuan untuk menonjolkan kekhasan Yogyakarta baik dari segi kebudayaan, sejarah maupun kearifan masyarakat lokalnya. Untuk membangun brand tersebut diperlukan komitmen yang tinggi baik dari pemerintah maupun masyarakatnya. Salah satunya adalah tukang becak yang juga bertindak sebagai pelaku wisata. Peneliti memilih bagaimana peran tukang becak untuk mendukung brand tersebut dikarenakan keistimewaan mereka yang setiap harinya dapat langsung berinteraksi dengan wisatawan seperti memberikan informasi maupun pengalaman wisata. Proses tersebut dianalisis dengan menggunakan teori tourism destination branding model. Kemudian peneliti juga meneliti persepsi wisatawan untuk mengetahui apakah brand sudah mampu dikomunikasikan dengan baik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tataran analisis deskriptif. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian mendapatkan bahwa peran tukang becak dalam mendukung “Jogja Never Ending Asia” dilakukan dengan cara menjadi pemandu wisata yaitu dengan memberikan informasi dan mengenalkan tempat wisata, dan menjaga etika ketika melayani wisatawan. Kondisi tersebut juga mempengaruhi persepsi wisatawan yaitu tukang becak mampu membawa image keramahtamahan masyarakat Yogyakarta. Namun, jika dilihat dari segi informasi pariwisata yang disampaikan tukang becak belum dapat mewakilinya. Kemudian dukungan dari pemerintah untuk membantu peran tukang becak Yogyakarta tersebut dilakukan dalam bentuk Sosialisasi Etika Pelaku Wisata, Pelatihan Bahasa Asing, Motivasi Sosialisasi Sadar Wisata, dan Sosialisasi Sapta Pesona.

English Abstract

“Jogja never ending asia” is a concept of destination branding which aims to showcase the attractions and special characteristics of Yogyakarta in term of its culture, history, and indigenous knowledge. Passionate commitment from both society and local government, is undeniably demanded to start building the brand and one of the community involved is tukang becak (pedicab driver). The writer concentrates on the role of tukang becak in supporting the brand due to their advantage in having daily connections with tourists. Therefore, it allows them to have and maintain social interaction by giving some information and experience about tourism in Yogyakarta. The process is further analyzed by implementing tourism destination branding model theory. Then, the analysis is applied to measure whether or not the brand can be well-communicated. The writer also compile the data concerning in tourist perception after using a cab by deploying semi structured interview technique, documentation, and observation. The result reveals that the role tukang becak in supporting jogja never ending asia is conducted by giving some information and introducing several tourist attractions. Moreover, the ethics in showing hospitality to tourist is also one of their efforts in playing the role. Thus, it will positively affect the tourist perception about the local wisdom of Yogyakarta. Nevertheless, the role of tukang becak as the source of information about tourism still cannot be verified. Hence, full support from government is essential for tukang becak in order to give the best service and hospitality for tourist by conducting Tourism Stakeholder Ethic Seminar, English training, Socialization Motivation Tourism Awareness, and Sapta Pesona Socialization.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2014/139/051403129
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Jun 2014 09:12
Last Modified: 20 Oct 2021 09:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/120781
[thumbnail of PERAN_TUKANG_BECAK_YOGYAKARTA_SEBAGAI_PUBLIK_INTERNAL_DALAM_MENDUKUNG_DESTINATION_BRANDING_YOGYAK.pdf]
Preview
Text
PERAN_TUKANG_BECAK_YOGYAKARTA_SEBAGAI_PUBLIK_INTERNAL_DALAM_MENDUKUNG_DESTINATION_BRANDING_YOGYAK.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item