Sulistyorini, Febrianti (2013) Strategi Perencanaan Pesan Komunikasi Pada Proses Branding Kayungyun Sebagai Rumah Makan Siap Saji Tradisional. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kondisi geografis kota Malang yang beriklim sejuk dan mendapat predikat sebagai kota pendidikan menjadikan Malang banyak dikunjungi oleh para pendatang yang berasal dari luar kota Malang hingga luar pulau Jawa. Banyaknya pendatang yang menetap dalam jangka waktu yang cukup lama di Malang, menjadikan kota Malang hidup selama 24jam. Kayungyung yang berdiri mulai tahun 1993 hingga kini telah meraih kesuksesan. Kesuksesan Kayungyun tidak lepas dari kuatnya brand Kayungyun. Di sisi lain, strategi perencanaan pesan menunjang kesuksesan suatu bisnis. Pesan-pesan bisnis yang terencana dengan baik mempermudah pencapaian tujuan komunikasi. Oleh karena itu, komunikasi merupakan faktor yang sangat penting demi pencapaian tujuan suatu organisasi. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah komunikasi, strategi komunikasi, branding, pesan, dan unsur-unsur strategi komunikasi perencanaan pesan. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif, agar peneliti dapat mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antara fenomena yang terjadi dengan apa yang diselidiki. Informan dipilih melalui dua cara, yaitu dengan snowball untuk informan dari Kayungyun dan purposive sampling untuk informan dari konsumen. Analisis data yang dilakukan penelitian ini adalah analisis data kualitatif dari tahapan-tahapan model interaktif oleh Miles dan Huberman. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa dari segi strategi komunikator di Kayungyun interaksi antara owner dengan konsumen maupun dengan para pegawai terjadi kurang intensif namun kredibilitas owner relatif cukup tinggi. Di sisi lain keterlibatan dan kontrol terhadap pesan komunikasi pramusaji dengan konsumen tinggi namun kredibilitas kurang. Selanjutnya Kayungyun menentukan khalayak yang akan menjadi sasarannya dengan melakukan strategi identifikasi khalayak, latar belakang pengetahuan khalayak dan perasaan khalayak. Dalam hal strategi pesan Kayungyun melakukan pemilihan warna dasar hijau terang untuk penyusunan spanduk agar warna tersebut menjadi icon Kayungyun. Pemilihan kata juga menjadi perhatian Kayungyun dalam daftar menu dan spanduk. Bentuk logo diatur agar merepresentasikan brand Kayungyun. Kemudian channel yang dipilih Kayungyun meliputi pemilihan tempat strategis, spanduk dan sponsorship yang termasuk channel penglihatan. Sedangkan iklan di radio KDS8 untuk diterima oleh indera pendengaran. Terakhir, Kayungyung menggunakan strategi budaya mengkonsumsi bubur dalam setiap momen. Budaya masyarakat Sunda juga dimunculkan dari brand Kayungyun dan pegawai yang berasal dari Jawa Barat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2013/55/051303450 |
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 17 Apr 2013 10:12 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/120695 |
Preview |
Text
SKRIPSI.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |