Uji adaptasi populasi-populasi jagung bersari bebas hasil perakitan laboratorium pemulian tanaman Universitas Brawijaya.

Waluyo, Budi and -, Kuswanto (2009) Uji adaptasi populasi-populasi jagung bersari bebas hasil perakitan laboratorium pemulian tanaman Universitas Brawijaya. Project Report. Universitas Brawijaya, Malang. (Unpublished)

Abstract

Jagung merupakan tanaman pangan strategis sebagai bahan pangan, pakan, dan bahan baku industri. produksi jagung terus meningkat setiap tahun 5.6% seiring dengan meningkatnya produktivitas dan luas penanaman jagung. namun produksi dalam negeri belum dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri yang meningkat setiap tahun 6.4%. strategi untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri ialah dengan membangkitkan kesadaran petani untuk menanam jagung. perakitan varietas jagung bersari bebas sacara kontinyu membantu petani dalam menyediakan varietas unggul berdaya hasil tinggi, bervariasinya varietas piihan yang disukai petani, biaya produksi yang rendah, dan tersedianya benih bermutu yang relatif murah sehingga dapat menjaga dan meningkatkan produksi jagung nasional. laboratorium pemuliaan tanaman Universitas Brawijaya telah berhasil membentuk populasi-populasi harapan jagung bersari bebas yang diseleksi sejak tahun 2000. Populasi-populasi dengan kode 'UB" ini dalam persiapan pelepasan varietas. populasi-populasi UB dapat dilepas ke masyarakat setelah melalui uji daya hasil dan uji adaptasi di beberapa lokasi dan musim sehingga akan diketahui pengaruh interaksi antara genotip x lingkungan (lokasi dan musim) dan dapat ditentukan populasi-populasi yang beradaptasi luas dan populasi untuk spesifik wilayah. hasil uji dapat menjadi rekomendasi populasi UB yang dapat dilepas ke masyarakat. penelitian dilakukan di empat lokasi seliama dua musim. percobaan di setiap lokasi dan musim dilakukan menggunakan rancangan acak kelompok dengan 9 perlakuan populasi jagung bersari bebas dengan 2 varietas cek, diulang tiga kali. keragaman antar populasi di setiap lokasi diketahui dari analisis varians di setiap lokasi yang dilanjutkan dengan analisis varians gabungan. stabilitas hasil diketahui dari analisis stabilitas hasil berdasarkan Eberhart dan Russell dan AMMI Biplot. hasil penelitian menunjukkan terdapat interaksi antara genotip x lingkungan pada karakter komponen hasil dan hasil. berdasarkan analisis stabilitas dan adaptabilitas terdapat populasi jagung yang potensial untuk dilepas, yaitu UB4101 (5.5 tha-1), UB4202 (5.1 tha-1) ,UB3301 (5.7 tha-1), UB7301 (5.7 tha-1), dan UB3302 (5,4 tha-1) yang mempunyai penampilan stabil di semua lokasi dan lingkungan. populasi UB4201 (5.1 tha-'1) beradptasi pada lingkungan produktif, dan UB4301(5.8 tha-1) beradaptasi pada lingkungan marginal.

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/633.15/WAL/u/2009/021000345
Uncontrolled Keywords: Jagung Bersari Bebas, UB, Uji Multi Lokasi, Interaksi Genotip X Lingkungan, Stabilitas Hasil
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 633 Field and plantation crops > 633.1 Cereals > 633.15 Corn
Divisions: Fakultas Pertanian > Budidaya Pertanian
Depositing User: Users 20 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2018 03:11
Last Modified: 18 Sep 2018 03:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12055
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item