Konsep Diri Duta Wisata Kakang Mbakyu Kota Malang

Nanda, VaniaDian (2013) Konsep Diri Duta Wisata Kakang Mbakyu Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemilihan duta wisata telah lama diadakan di beberapa daerah di Indonesia. Setiap duta wisata memiliki persepsi masing-masing dalam menerima dan menanggapi respon serta pengalaman yang diperoleh selama bertugas sebagai duta wisata. Hal tersebut dapat mempengaruhi konsep diri duta wisata yang bersangkutan. Namun, belum diketahui secara pasti bagaimana sebenarnya duta wisata menggambarkan diri mereka sendiri. Sejauh mana gelar yang mereka dapatkan dengan berbagai rangkaian seleksi itu mempengaruhi konsep diri mereka. Hal inilah yang menarik dalam penelitian ini sehingga peneliti menetapkan untuk menjadikan Duta Wisata Kota Malang (Kakang Mbakyu) sebagai subjek penelitian. Fokus penelitian ini dibatasi pada beberapa aspek, yaitu dimensi konsep diri, faktor-faktor pembentuk konsep diri, jenis konsep diri, hingga akhirnya diketahui gambaran umum konsep diri duta wisata tersebut. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah subjek enam orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data Model Interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan subjek membentuk konsep diri sesuai gelar duta wisata yang diperoleh. Seluruh subjek mengalami perubahan dalam penampilan, kemampuan komunikasi, kemampuan berorganisasi, pengalaman yang bertambah, dan pergaulan yang makin luas. Segala perubahan tersebut membentuk konsep diri yang positif bagi subjek VM, AN, HR, KV, dan BT tetapi tidak pada subjek DW. Subjek DW merasa dirinya tidak ideal sebagai Kakang Mbakyu dan merasa tidak nyaman dengan gelar duta wisatanya tersebut. Pembentukan konsep diri pada masing-masing subjek juga dipengaruhi oleh significant others dan reference group dalam hal ini orang tua, teman, sosok panutan, dan Paguyuban Kakang Mbakyu Kota Malang.

English Abstract

Become tourism ambassadors provide experience and its own assessment for the individual but it is not certain how exactly tourism ambassador describe themselves.This what makes it appealing to study about this subject, so that the researcher specify and determined to use Malang Tourism Ambassador (Kakang Mbakyu Kota Malang) as the subject of researh. The research focus on several aspects, they are self consept dimension, factors that caused self concept, and type of self concept. This research using fenomenology method. Sampling technique using purposive sampling on six persons. Collecting data method using interview and observation. Data analysist technique using intercative model by Miles dan Huberman. The result indicated that all the subject described their own perspective and formed it suit to the title that they got. All of them transforming in appearance, comunication abbility, competence in organization, great experience, and expanding their relations for sure. All of transformation mentioed above formed positive self consept for each of them for subject VM, AN, HR, KV, and BT except subject DW. The forming of self consept of each subject also affected by significant others dan reference group in this point are parents, friends, idol and Paguyuban Kakang Mbakyu Kota Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2013/220/051308008
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 150 Psychology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Nov 2013 08:45
Last Modified: 20 Oct 2021 03:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/120540
[thumbnail of SKRIPSI_Vania_Dian_Nanda_(0811230079).pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Vania_Dian_Nanda_(0811230079).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item