Pelatihan Penggunaan Software Maple Untuk Guru-Guru SLTP/SMU Bidang Studi Matematika Di Kodya Blitar

Handoyo, Samingun and -, Marji and Soehono, Loekito Adi and Bernadetha, Maria and Kusdarwati, Heni (2003) Pelatihan Penggunaan Software Maple Untuk Guru-Guru SLTP/SMU Bidang Studi Matematika Di Kodya Blitar. Project Report. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat-Universitas Brawijaya, Malang.

Abstract

Matematika merupakan alat bantu untuk menguasai IPTEK, tetapi sampai saat ini bidang ini bagi sebagian besar siswa SLTP/SMU merupakan salah satu pelajaran yang ditakuti dan kurang diminati Hal ini terlihat dengan rendahnya rata-rata Nilai Ujian Nasional untuk subyek ini Dengan semakin menjamurnya komputer dan tersedianya paket software matematika, kiranya perlu dimanfaatkan untuk menunjang dalam penyajian dan pengajaran matematika supaya siswa tertarik dan menyukai matematika. Pelatihan ini ditujukan bagi guru matematika SLTP/SMU di Kotamadya Blitar yang pelaksanaanya bertempat di laboratorium informatika SMK Negeri I Blitar. Materi yang diberikan berupa teori dan praktek sintaks-sintaks software maple yang meliputi Operasi Aritmetika. Turunan, Integral, Matrik dan menggambar grafik fungsi. Acara ini diikuti sebanyak 46 peserta yang terdiri dan 13 guru matematika SMU dan 33 guru matemalika SLTP Sebagian peserta sangat awam akan penggunaan komputer dalam mendukung pekerjaannya sehari-hari di mana kurang dari 50% yang menguasai MS Office. Mengenai software maple 100% peserta belum pernah mengenal apalagi mempelajarinya. Pada pelatihan ini pemberian materi dibagi dalam tiga sesion dan tiap sesion dibagi dalam seksi teori dan praktek. Pelatihan berjalan dengan baik dan penuh antusiasme. Banyak peserta yang aktif dan selalu bertanya saat menemui kesulitan. Kesulitan-kesulitan muncul karena faktor peserta banyak yang kurang teliti. Seluruh peserta mengikuti semua rangkaian kegiatan dan awal sampai akhir dan seluruh peserta mengharapkan adanya pelatihan lanjutan yang membahas materi lebih detail.

English Abstract

-

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/005.3/PEL/p/2003/020800195
Uncontrolled Keywords: APPLICATION SOFTWARE (MAPLE)
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.3 Programs
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Depositing User: Users 20 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2018 03:12
Last Modified: 29 Dec 2021 02:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/12039
[thumbnail of 020800195.pdf]
Preview
Text
020800195.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item