Efektivitas Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Motivasi Belajar dan Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas X 6 IPS K.2 SMAN 10 Malang.

Afriliyanti, Yurita Dwi (2017) Efektivitas Model Pembelajaran Time Token Arends Terhadap Motivasi Belajar dan Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang Pada Siswa Kelas X 6 IPS K.2 SMAN 10 Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seperti pembelajaran bahasa pada umumnya, dalam pembelajaran bahasa Jepang juga memiliki empat komponen penting dalam menguasai bahasa. Kemampuan berbahasa terbagi menjadi empat komponen, yaitu kemampuan mendengar, kemampuan berbicara, kemampuan membaca, dan kemampuan menulis. Pada proses pembelajaran diperlukan model pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Model pembelajaran Time Token Arends merupakan salah satu model pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemampuan berbicara dan menumbuhkan motivasi, semangat, meningkatkan keterampilan sosial, dan menghindari adanya siswa yang lebih mendominasi ataupun pasif. Pada pembelajaran bahasa Jepang di kelas X 6 IPS K2 masih terdapat banyak siswa yang pasif dan beberapa siswa yang mendominasi. Penelitian ini dilakukan untuk membantu siswa agar mampu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Jepang dan motivasi belajar siswa dengan tujuan mengetahui efektivitas dan tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran Time Token Arends. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Design, kemudian data yang terkumpul dari hasil angket dan observasi akan dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu data yang berbentuk kata. Sedangkan data dari hasil belajar yang didapat dari tes akan dianalisis menggunakan kuantitatif yang berbentuk statistik. Hasil penelitian berdasarkan hasil penghitungan, Assymp. Sig. (2-tailed) 0.00 yang berarti lebih kecil dari 0.05, dengan begitu "Ha" atau hipotesa dalam penelitian ini diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat keefektivitasan dalam model pembelajaran Time Token Arends terhadap peningkatan kemampuan belajar siswa kelas X 6 K.2. Dari penghitungan hasil angket diperoleh hasil 85,8% siswa merasa sangat setuju bahwa model pembelejaran Time Token Arends dapat meningkatkan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS/2017/526/051706607
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Time Token Arends, Motivasi Belajar, Kemampuan Berbicara Bahasa Jepang.
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Aug 2017 06:30
Last Modified: 19 Oct 2020 03:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1203
[thumbnail of Yurita Dwi Afriliyanti.pdf]
Preview
Text
Yurita Dwi Afriliyanti.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item