Intan, YusriniFauziah (2011) Pengaruh Penggunaan Desain Fisik Tabloid Pulsa terhadap Pengenalan Kebutuhan (Studi pada Mahasiswa/mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Angkatan 2008-2010 Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Desain merupakan hasil akhir yang berupa gambar. Dalam media tabloid desain juga digunakan. Desain yang menarik dapat membuat pembaca tertarik, karena desain merupakan pemicu awal ketika seseorang ingin melakukan pemilihan produk. Menurut Sachari, terdapat empat unsur desain, yakni bentuk, ukuran, tekstur, dan warna. Akan tetapi unsur tesktur tidak digunakan oleh peniliti dan diganti dengan gaya penulisan. Sehingga jika hendak melakukan suatu keputusan pembelian pembaca hendaknya mengikuti tahapan-tahapan dari unsur desain tersebut. Unsur desain tersebut membantu untuk menentukan pilihan dalam memilih salah satu produk yang ingin dibeli. Unsur-unsur tersebut dianggap penting bagi konsumen, dengan demikian konsumen pun dapat merasa terangsang untuk melakukan keputusan pembelian terhadap produk tersebut. Penelitian ini dilakukan dikalangan mahasiswa/i dengan mengambil sampel sejumlah 89 responden Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya Malang. Metode yang digunakan adalah survey . Pengolahan yang digunakan untuk uji instrument data adalah uji validitas dan uji reliabilitas, untuk uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas, sedangkan untuk metode analisis datanya menggunakan Analisis Regresi Linear Berganda serta pengujian hipotesis menggunakan pengujian secara simultan (Uji F) dan secara parsial (Uji T). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis data dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa Bentuk (X 1 ), Warna (X 2 ), Gaya Penulisan (X 3 ), dan Warna (X 4 ). tedapat pengaruh yang signifikan terhadap pengenalan kebutuhan pembaca (Y), maka tabloid pulsa hendaknya dalam melakukan kebijakan pemasaran produk tabloid pulsa memperhatikan keempat variabel dari unsur desain tersebut sehingga akan menghasilkan pengenalan kebutuhan konsumen.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2011/112/ 051104085 |
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 17 Nov 2011 11:28 |
Last Modified: | 17 Nov 2011 11:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119991 |
Actions (login required)
View Item |