Pembuatan Database Server Client-Server sebagai Penyimpan Data Akademik Menggunakan Komputer PC di Laboratorium Komputasi dan Jaringan Komputer Universitas Brawijaya

Mustofa, Ali and Aswin, Muhammad and -, Sutrisno and Purnomo, M. Fauzan Edy and Ambarwati, Rusmi (2002) Pembuatan Database Server Client-Server sebagai Penyimpan Data Akademik Menggunakan Komputer PC di Laboratorium Komputasi dan Jaringan Komputer Universitas Brawijaya. Project Report. Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Malang. (Unpublished)

Abstract

Untuk kelancaran sistem administrasi akademik di Jurusan Teknik Elektro Unibraw, dibutuhkan sebuah program komputer untuk mengolahnya. Program yang sudah digunakan saat ini (buatan Sutrisno, Ir, 1990) dirasakan kurang optimal, karena bekerja pada komputer tunggal (stand alone) dan tidak dilengkapi dengan fasilitas back-up data. Dengan kerja seperti itu, semua kegiatan pengolahan data akademik hanya dapat dilakukan oleh satu orang saja, yaitu administrator. Kegiatan ini sangat membutuhkan ketelitian. Karena pemasukan data dalam volume yang besar (pengisian KRS misalnya), dapat menimbulkan kesalahan akibat kelelahan dan kejenuhan. Untuk mengurangi beban administrator, maka dibuat program ini. Data disimpan dalam server tersendiri. Mahasiswa selaku pengguna diberi Kewenangan untuk mengisikan KRS-nya sendiri. Sedangkan tugas-tugas lainnya tetap dilaksanakan oleh administrator, seperti memasukkan nilai, mencetak KRS dan KHS, dan pengolahan data akademik lainnya. Untuk keperluan tersebut, di server diperlukan pengaturan kewenangan dan juga keamanan, agar mahasiswa tidak dapat melakukan kegiatan yang tidak diijinkan. Sistem yang memadai untuk itu diperoleh dari sistem berbasis Linux dengan Database Engine Client-Server MySQL buatan TCX Dataconsult, Swedia.

English Abstract

Department of Electrical Engineering Unibraw needs some software system to handle academic administration. Recent system (developed by Sutrisno, Ir, 1990) is obsolete, less optimal. Because it works based on stand alone personal computer and doesn't have back up facilities. With that procedure, academic administrator do everything. This activity needs accuracy strickly. No error allowed. High volume academic data entries, (like Study Planning Form) sometimes, gives trouble. It caused by human error. To reduce administrator load, this research is made. With system we propose, all academic data are stored in its server. A student, as user, entry his/her Study-Planning-Form own. Administrator does everything else, like academic score entries, prints documents, and so on. For that purpose, server has additional duty. Controlling authority and security all of academic user. The system that can satisfying this purpose is Linux based and use MySQL Database Engine made by TCX Dataconsult, Sweden.

Item Type: Monograph (Project Report)
Identification Number: PEN/004.36/PEM/p/2002/021000076
Uncontrolled Keywords: Client/Server Computing
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 004 Computer science > 004.3 Processing modes > 004.36 Distributed processing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:01
Last Modified: 14 Sep 2018 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/11998
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item