Motivasi penggunaan situs jejaring sosial Facebook pada khalayak dini (Studi Fenomenologi Pada Dewasa Dini Pengguna Facebook).

ChairiaYulistin (2010) Motivasi penggunaan situs jejaring sosial Facebook pada khalayak dini (Studi Fenomenologi Pada Dewasa Dini Pengguna Facebook). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial, dimana melalui situs ini setiap orang bisa bertemu secara maya dengan banyak orang dengan berbagai macam karakter dan latar belakang serta berfungsi sebagai jalinan pertemanan didunia maya. Lebih dari seratus juta warga dunia mempunyai account di facebook . Peminatnya bukan saja anakanak muda, tetapi orang-orang yang dewasa sekalipun, bahkan menurut hasil riset menyatakan bahwa kurang lebih 400.000 pengguna facebook berumur 25-34 tahun dan pertumbuhan paling tinggi terdapat pada pengguna facebook yang berumur 25 tahun. Hal ini menjadi fenomena tersendiri, karena menurut penelitian orang dewasa menggunakan media internet untuk mengerjakan tugas-tugas kantor dan mencari informasi yang berkaitan dengan keluarganya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi orang dewasa dini yaitu orang yang berusia antara 25 – 35 dalam keikutsertaannya untuk membuat account di facebook dan seberapa dekat orang dewasa dini dalam menggunakan facebook tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi transedental. Menurut Abercrombie, Hill, Turner mengatakan bahwa penelitian kualitatif merupakan suatu penelitian yang dicirikan oleh tujuan penelitian yang ingin memahami gejala-gejala yang tidak memerlukan kuantifikasi atau gejala-gejala yang tidak memungkinkan untuk diukur secara tepat atau kuantitatif. Dari hasil penelitian terhadap tiga orang informan, dapat diketahui bahwa motivasi orang dewasa dini menggunakan facebook adalah untuk bertemu dengan temanteman lama, sebagai sarana rekreasi, untuk memperluas jaringan pertemanan, untuk menjalin tali silahturahmi, untuk membantu dalam urusan pekerjaan dan sebagai sarana narsis. Motivasi-motivasi tersebut terjadi karena adanya faktor intrinsik dan ekstrinsik dari masing-masing informan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2010/85/051002949
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Nov 2010 17:09
Last Modified: 12 Nov 2010 17:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119960
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item