DwiMariana (2010) Pengaruh Promosi Penjualan (Sales Promotion) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Eksplanatif Tentang Consumer Oriented Promotion untuk Produk Private Label Terhadap Keputusan Pembelian Konsum. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan promosi penjualan yang ter diri dari kupon/ gift voucher , potongan harga/diskon, rabates/diskon tunai, point of purchase , dan loyalties promotion , baik secara simultan maupun secara parsial di Matahari Department Store Malang Town Square terhadap keputusan pembelian konsumen dan variabel mana yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif untuk menguji adanya hubungan antara penerapan promosi penjualan dengan keputusan pembelian. Data yang dikumpulkan adalah data primer melalui kuesioner yang dibagikan kepada 75 responden. Sedangkan data sekunder adalah artikel yang relevan dengan topic penelitian dan penelitian terdahulu. Dari hasil analisis uji F (simultan), terbukti bahwa variabel promosi penjualan yang meliputi kupon/ gift voucher (X 1 ), potongan harga/diskon (X 2 ), rabates/diskon tunai (X 3 ), point of purchase (X 4 ), dan loyalties promotion (X 5 ) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pemembelian konsumen (Y). Dari hasil analisis uji t (parsial), didapat bahwa hanya variabel point of purchase (X 4 ) tidak berpengaruh signifikan positif terhadap variabel keputusan membeli konsumen (Y) karena t hitung < t tabel (1.839 < 1.992) atau Sig. t > 5% (0.070 > 0.05). Hal ini menggambarkan bahwa konsumen kurang memperdulikan atau mempertimbangkan keberadaan point of purchase / display dalam memutuskan membeli. Berdasarkan hasil penelitian ini, potongan harga/diskon (X 2 ) lebih dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian konsumen untuk produk private labels di Matahari Department Store Malang Town Square. Hal ini karena point of purchase memiliki koefisien beta (standardized coefficients) paling besar yaitu 0,216
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2010/72/051002936 |
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 16 Nov 2010 10:09 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 10:09 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119946 |
Actions (login required)
View Item |