Reposisi Hubungan Masyarakat pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) (Studi pada Enam BUMN di Kota Malang)

NovitaHerisDiana (2010) Reposisi Hubungan Masyarakat pada Badan Usaha Milik Negara (BUMN) (Studi pada Enam BUMN di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan posisi Humas pada beberapa BUMN, bagaimana peran dan fungsi Humas dalam melaksanakan aktivitas kehumasan dalam perusahaan, serta bagaimana fakta yang ada saat ini digunakan sebagai landasan untuk menempatkan Humas BUMN pada posisi yang seharusnya ditempati dalam perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada enam BUMN yang ada di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Jenis penelitian deskriptif ini merupakan jenis penelitian yang paling sesuai digunakan dalam penelitian ini. Hal ini didasari bahwa peneliti hanya ingin menggambarkan fakta yang ada di lapangan kemudian memaparkan hasilnya. Subyek dalam penelitian ini yaitu staf bagian Humas dan staf bagian lain dalam perusahaan yang berperan sebagai Humas yang dianggap paling sesuai untuk memberikan penjelasan. Penelitian ini dilakukan pada enam BUMN yang ada di Kota Malang yaitu PT BRI, Tbk. Cabang Malang Kawi, Perum Perumnas Regional VI Cabang Malang, Perum Bulog Subdivre Malang, Perum Jasa Tirta I, Perum Perhutani KPH Malang, dan PT Telkom, Tbk. Kandatel Malang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis data kualitatif Miles dan Huberman. Data-data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara mendalam, dokumen atau teks, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menggambarkan bahwa tiga dari enam BUMN tidak memiliki bagian Humas dalam perusahaan. Humas di sini diwujudkan hanya sebatas pada teknik komunikasi. Sedangkan, pada tiga subyek lainnya, bagian Humas dalam perusahaan kurang memiliki kewenangan penuh sehingga berpengaruh pada pelaksanaan program kerja bagian Humas. Posisi bagian Humas pada perusahaan dipengaruhi oleh kebijakan masing-masing pimpinan perusahaan mengenai penting atau tidaknya Humas bagi perusahaan. Namun, meskipun Humas hanya diwujudkan sebagai teknik komunikasi ataupun Humas menjadi sebuah bagian yang berdiri sendiri dalam perusahaan, fungsi dan peran Humas sangat penting bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIS/2010/25/051000964
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 13 Apr 2010 15:37
Last Modified: 13 Apr 2010 15:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119933
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item