FridaIrawatiAnnisa (2010) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa terhadap Kepuasan Konsumen pada Royal Orchids Garden Hotel and Condominiums Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Bisnis perhotelan di kota Batu menunjukkan kemajuan pesat, terbukti dengan semakin meningkatnya jumlah hotel dan juga jumlah kamarnya. Hal ini tidak mengherankan mengingat kebutuhan akan hotel juga semakin meningkat. Mulai untuk keperluan pertemuan antar-individu, sampai perhelatan besar, yang memerlukan sarana function room dan ball room , tersedia di hotel. Dari liburan keluarga untuk dua atau empat orang sampai ke konvensi besar dengan peserta ribuan orang, semua dapat diadakan di hotel. Persaingan di antara pengusaha hotel mengharuskan tiap hotel untuk memberikan nilai tambah yang berbeda terhadap produk jasa yang diberikan kepada konsumen (tamu). Proses pencapaian tersebut memicu sebuah perusahaan berlaku tepat dan sesuai dalam kegiatan pemasarannya, dalam pencapaian tujuan pemasaran tersebut, bauran pemasaran jasa memiliki kontribusi yang besar bagi keberhasilan dan keberlangsungan sebuah usaha perhotelan. Adapun bauran pemasaran jasa tersebut meliputi: produk, harga, tempat, promosi, orang, sarana fisik, proses, dan layanan konsumen. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui apakah bauran pemasaran jasa yang meliputi: produk, harga, tempat, promosi, orang, sarana fisik, proses, dan layanan konsumen, berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dan diantara variabel-variabel tersebut yang berpengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen pada Royal Orchids Garden Hotel and Condominiums Batu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi berganda, uji F dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Berdasarkan hasil uji F menunjukkan bahwa variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, sarana fisik, proses, dan layanan konsumen secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Dan berdasarkan hasil uji t menunjukkan bahwa variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, sarana fisik, proses, dan layanan konsumen secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Secara berurutan variabel yang berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah sarana fisik, proses, harga, tempat, layanan konsumen, produk, promosi, dan orang. Dengan demikian variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen adalah variabel sarana fisik. Dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunkan uji t menunjukkan variabel yang paling dominan yaitu sarana fisik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIS/2010/22/051000866 |
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | S2/S3 > Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 13 Apr 2010 15:02 |
Last Modified: | 13 Apr 2010 15:02 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119930 |
Actions (login required)
View Item |