Pengelompokan Pemilik UMKM Keripik Tempe Sanan Berdasarkan Strategi Produk Dengan Metode K-Means Clustering

Prasanti, Winny (2017) Pengelompokan Pemilik UMKM Keripik Tempe Sanan Berdasarkan Strategi Produk Dengan Metode K-Means Clustering. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

UMKM keripik tempe yang berpusat di Sanan Kota Malang merupakan UMKM yang memiliki potensi untuk bersaing secara lokal hingga internasional, sehingga UMKM harus menerapkan strategi produk yang tepat sehingga dapat terus bertahan dan bersaing dengan UMKM lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi produk yang diterapkan oleh pemilik UMKM keripik tempe Sanan, mengelompokkan (clustering) dan mengidentifikasi perbedaan kelompok atau cluster pemilik UMKM keripik tempe Sanan. Metode yang digunakan untuk mengelompokkan pemilik UMKM pada penelitian ini adalah K-Means Cluster. Selanjutnya, hasil pengelompokan diuji lanjut dengan Analisis Diskriminan step-wise untuk melihat variabel yang membedakan kelompok pemilik UMKM keripik tempe Sanan. Secara umum terdapat tiga variabel yang dianggap penting dalam strategi produk yang diterapkan oleh para pemilik UMKM keripik tempe Sanan yaitu kualitas keripik tempe, sponsor merek, dan pelabelan untuk menggambarkan produk. Dari hasil penelitian diperoleh distribusi anggota masing-masing kelompok (cluster) yaitu Connoisseur 20 orang, Maverick 11 orang, Laissez-faire 8 orang, dan Conformist 21 orang. Terdapat perbedaan yang jelas antara keempat kelompok terkait penerapan strategi produk yang dipengaruhi oleh perbedaan penilaian masing-masing anggota kelompok terhadap variabel strategi produk. Variabel tersebut yaitu keputusan To Brand or Not to Brand, Pemilihan Nama Merek, Sponsor Merek, Konsistensi Kemasan, dan Label untuk Identifikasi Produk atau Merek.

English Abstract

MSMEs of tempe chips which centered in Sanan, Malang, has the potential to compete in local to the international scale. Thus, these MSMEs should implement the exact product strategy in order to continue to survive and compete with other MSMEs. This study aims to identify the product strategy applied by the owner of MSMEs tempe chips Sanan, clustering and identifying the differences among the cluster of MSMEs owners of tempe chips Sanan. The method used in classifying MSMEs owners is K-Means Clustering. Furthermore, the cluster results are further tested with a Step-wise Discriminant Analysis to see the variables which differentiate the cluster of MSMEs owners of tempe Sanan chips. Results show that there are three variables considered important in product strategy applied by the owners of MSMEs tempe chips Sanan: the quality of tempe chips, brand sponsors, and labeling to describe the product. From the research results obtained distribution of each member of the cluster: 11 respondents as Connoisseur, 21 respondents as Maverick, 8 respondents as Laissez-faire, and 20 respondents as Conformist. There is a clear distinction between the four clusters regarding the implementation of product strategy which is influenced by the differences in assessment of each cluster member to the product strategy variable. These variables consist of the decision of To Brand or Not to Brand, Brand Name Election, Brand Sponsor, Package Consistency, and Label for Product Identification or Brand.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTP/2017/257/051705010
Uncontrolled Keywords: Clustering, Diskriminan, Strategi Produk, UMKM Keripik Tempe
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 630 Agriculture and related technologies
Divisions: Fakultas Teknologi Pertanian > Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 11 Aug 2017 07:06
Last Modified: 30 Nov 2020 06:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/1196
[thumbnail of Bagian Depan (1).pdf] Text
Bagian Depan (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)

Actions (login required)

View Item View Item