Implementasi E-Faktur Dalam Upaya Perbaikan Sistem Administrasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu)

Wake, MariaPriskaMarvina (2017) Implementasi E-Faktur Dalam Upaya Perbaikan Sistem Administrasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak Pertambahan Nilai merupakan salah satu sumber pendapatan negara terbesar. Pemungutan Pajak Pertambahan Nilai ditandai dengan faktur pajak. Faktur pajak di Indonesia sering digunakan sebagai sarana untuk melakukan penyelewengan pajak. Berdasarkan hal tersebut, Direktorat Jenderal Pajak sebagai organisasi pemerintah berusaha menjalankan tata kelola pemerintahan yang baik dan benar (good governance) dengan menerbitkan kebijakan baru mengenai faktur pajak yaitu e-Faktur yang bertujuan untuk memperbaiki sistem administrasi Pajak Pertambahan Nilai (PPN). Penelitian ini dilakukan pada implementasi e-Faktur di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu. Analisis atas implementasi ditinjau dari pendekatan manajerial atau prosedural yang terdiri dari mendesain program e-Faktur, pelaksanaan program e-Faktur, pengawasan pelaksanaan e-Faktur serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi e-Faktur. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui wawancara dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini yaitu implementasi e-Faktur di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu mengalami perbaikan sistem administrasi Pajak Pertambahan Nilai yang dapat dilihat dari perubahan yang signifikan dalam pembuatan faktur pajak dibarengi dengan kemudahan pengawasan terhadap sistem administrasi faktur pajak serta meningkatnya penerimaan PPN. Dalam implementasi e-Faktur di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batu terdapat faktor pendukung serta penghambat. Faktor Pendukung dalam proses implementasi e-Faktur di KPP Pratama Batu adalah sarana dan prasarana yang memadai serta kegiatan sosialisasi yang telah dilakukan. KPP Pratama Batu juga mengalami hambatan dalam proses implementasi e-Faktur yaitu: kesenjangan digital berupa keberadaan e-Faktur yang belum menjadi bagian dari proses bisnis PKP, perubahan aturan yang cepat, gangguan koneksi atau jaringan.

English Abstract

Value Added Tax is one of the biggest national income source . Collection of Value Added Tax is marked by a tax invoice. Tax invoice in Indonesia is often used as a tool to do tax manipulation. Based on that fact, Directorate General of Taxation as government organization attempted to run good and right governance by publishing a new policy about tax invoice which is e-Invoice that is aimed to fix the Value Added Tax (VAT) administration system. This research was done in implementation of e-Invoice in KPP Pratama Batu (Batu Tax Office). The analysis of the implementation was observed from managerial approach or procedural approach consist of designing e-Invoice program, practicing e-Invoice program, controlling the e-Invoice practice, and also the supporting and resisting factors within the implementation of e-Invoice. This research used descriptive method with qualitative approach. The data source was obtained from interview and secondary data. The result of this research was the implementation of e-Invoice in KPP Pratama Batu encountered improvement in Value Added Tax administrative system, which could be seen from the significant change within tax invoice production accompanied with the easiness control toward the invoice administrative system and the increasing VAT reception. In the implementation of e-Invoice in KPP Pratama Batu, there were several supporting and resisting factors. Supporting factor within implementation process in KPP Pratama Batu was the adequate facilities and infrastructures and socialization activity which were done. KPP Pratama Batu also encountered resistance within the e-Invoice implementation process, which was: digital discrepancy in the form of e-Invoice that has not became the part of Taxable Entrepreneur business process, rule changed rapidly, connection or network trouble.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2017/135/051703253
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 11 Apr 2017 09:18
Last Modified: 19 Oct 2021 06:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119418
[thumbnail of Maria_Priska.pdf]
Preview
Text
Maria_Priska.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item