Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Referensi (Studi Pada Upt Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar)

Sari, RossyAlvita (2016) Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan Referensi (Studi Pada Upt Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Informasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dan menjadi suatu kebutuhan bagi masyarakat. Perkembangan informasi yang cepat membuat masyarakat menjadi aktif dalam mencari informasi melalui berbagai media. Salah satu media penyedia jasa informasi adalah perpustakaan. Perpustakaan merupakan suatu sarana untuk mencari informasi dalam bentuk teks seperti buku-buku, koran, majalah, dan lain sebagainya. Pelayanan menjadi salah satu kegiatan perpustakaan yang langsung berhubungan dengan masyarakat. Pelayanan perpustakaan merupakan suatu kegiatan memberikan informasi dari pihak perpustakaan kepada pemustaka. Salah satu layanan yang ada di perpustakaan adalah layanan referensi. Layanan referensi merupakan layanan pengguna yang berkaitan dengan sumber referensi, antara lain menjawab pertanyaan yang diajukan, penelusuran informasi di perpustakaan maupun di luar perpustakaan. Pelayanan dikatakan baik dan berkualitas apabila sesuai atau bahkan melebihi harapan dari pemustaka. Perpustakaan dituntut untuk memberikan pelayanan yang maksimal untuk kepentingan pemustaka. Sehingga diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan khususnya pada pelayanan referensi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya peningkatan kualitas pelayanan referensi. Serta bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat upaya peningkatan kualitas pelayanan referensi tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar. Analisis data menggunakan Miles,Huberman,& Saldana. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan referensi dari berbagai komponen pelayanan referensi seperti dari koleksi, lokasi, sarana dan pra sarana, serta sumber daya manusianya. Selain itu pihak perpustakan juga telah mempunyai berbagai agenda pengembangan pelayanan seperti pengadaan koleksi, stock opname dan sinkronasi data, serta bimbingan pemustaka. Dari segi promosi pihak perpustakaan juga telah mengagendakan kegiatan promosi untuk meperkenalkan tentang referensi kepada masyarakat. Dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan referensi memiliki faktor pendukung yaitu ketersediaan koleksi yang memadai dan juga sumber daya manusia yang profesional. Adapun faktor penghambat upaya peningkatan kualitas pelayanan referensi adalah kurangnya kerjasama dengan berbagai pihak perpustakaan lain dalam hal pengembangan koleksi, selain itu juga kurangnya pemahaman masyarakat terhadap koleksi referensi ini juga menjadi salah satu faktor penghambat upaya peningkatakan kualitas pelayanan referensi di UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno ini.

English Abstract

Information is one of the things that very important and become a need for the community.The development of information rapid make the community become active in seeking information through some media.One of the media service providers information is the library. The library is a the means to find information in the form of text as books, newspaper, magazine, and others. The service was one of the activities a library to direct contact with the community. Library service is an activity provide information from the library to user . One of services that are in the library is reference service. Reference service is users service who relating with reference, among answer the question, information searches in the library and outside the library ( Lasa Hs , 1998: 105 ) . Service quality is quite good and if the match or even exceed the expectations of user. Library is required to provide maximum service for the benefit user. So that the necessary efforts to improve the quality of services, especially in reference services. The purpose of this research is to describe and analyze the efforts to improve the quality of reference service. And how factors supporting and inhibiting factors increase the quality of the reference service. This research use descriptive research with a qualitative approach. The location of this research at UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar. Analysis of data using Miles, Huberman, and Saldana (2014: 14). While the validity of test data using triangulation sources. The results showed that UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar has made various efforts to improve the quality of the reference services of various service components such reference from the collection, location, facilities and pre facilities, and human resources. In addition, the library also has a various services such as procurement development agenda collection, inventory taking and synchronizing data, and user guidance. In terms of the promotion of the library also has scheduled promotional activities to introduce the references to the public. In an effort to increase the quality of the reference services have a supporting factor is the availability of adequate collection and professional human resources. The factors inhibiting efforts to improve the quality of reference service is the lack of cooperation with various parties other libraries in terms of collection development, it is also a lack of public understanding of the reference collection is also one of the factors inhibiting efforts to improve the quality reference service in the UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/823/ 051609538
Commentary on: Eprints 0 not found.
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 05 Oct 2016 10:17
Last Modified: 05 Oct 2016 10:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119188
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item