Nadia, Qonita (2016) Strategei Pengembangan Kerjasama Perpustakaan dalam Upaya Meningkatkan Layanan Perpustakaan (Studi Kasus pada Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Meningkatnya kebutuhan informasi perpustakaan seharusnya mampu mengambil peran dalam melakukan pelayanan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu upaya dalam memenuhi kebutuhan informasi tersebut adalah dengan melakukan kerjasama perpustakaan dengan berbagai pihak, karena pada dasarnya perpustakan tidak dapat melakukan sendiri, maka perpustakaan melakukan kerjasama dalam meningkatkan kebutuhan dan pelayanan pada perpustakaan. perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang telah melaksanakan berbagai kerjasama, baik kerjasama pembinaan dengan sekolah-sekolah melalui layanan pada Perpustakaan Kota Malang maupun melalui perpustakaan Keliling, kerjasama pinjam antar perpustakaan dengan perpustakaan sekolah maupun perpustakaan perguruan tinggi, kerjasama silang layan, dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi kerjasama perpustakaan, faktor pendukung dan faktor penghambat kerjasama perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malangdalam meningkatkan layanan perpustakaan. penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan qualitative for library research. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan data, organisasi dan pemecahan data, analisis dan penarikan kesimpulan. Strategi kerjasama perpustakaan pada Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang adalah strategi kebijakan, manajemen dan pengembangan SDM, infrastruktur dan korelasi, resource sharing, dan teknologi informasi. Faktor pendukung kerjasama perpustakaan adalah kebutuhan informasi, kepuasan pemustaka dan pemanfaatan yang berkelanjutan. Sedangkan faktor penghambat kerjasama perpustakaan adalah SDM yang kurang kompeten dan sarana dan prasarana dari luar.
English Abstract
The increasing of library information needs should be able to take a part in information service which is needed by the community. One of the effort to fulfill that information needs is, do the library collaboration with other parties. Because basically library cannot does it by itself. Therefore, the library does the collaboration in increasing needs and services at the library. Public Library and Regional Archives Malang has done various cooperation, either do the cooperation with school through service in Malang library or mobile library, cooperation in loan interlibrary with the school library or college library, cross cooperation service, and etc. The objective of this study is to describe and analyze the strategy of library cooperation, supporting factors and obstacle factor in cooperation Public Library and Regional Archives Malang to improve library services. This study uses case study with qualitative approach for library research. This study uses data analysis techniques, organizational and solving data, analysis and conclusion. Library Cooperation strategy in Public Library and Regional Archives Malang is a policy strategy, management and human resource development, infrastructure and correlations, resource sharing, and information technology. Supporting factor the library cooperation is the information needs, visitor satisfaction and sustainable usage. Meanwhile, the obstacle factor of library cooperation is incompetent of human resources and infrastructure from the outside.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/822/ 051609537 |
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 05 Oct 2016 10:28 |
Last Modified: | 05 Oct 2016 10:28 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119187 |
Actions (login required)
View Item |