Iriantasari, AnikeMega (2016) Inovasi Pelayanan Kesehatan Masyarakat Melalui Klinik Asuransi Sampah (Studi Pada Indonesia Medika Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Klinik Asuransi Sampah merupakan sebuah inovasi baru dari pelyanan kesehatan. Sebagai sebuah inovasi pelayanan sektor publik, layanan pada Klinik Asuransi Sampah memberikan pelayanan dengan tidak perlu membayar biaya pelayanan kesehatan. Masyarakat dapat mengganti uang dengan dengan sampah untuk mendapatkan layanan dan fasilitas kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis inovasi pelayanan kesehatan masyarakat melalui Klinik Asuransi Sampah serta untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam inovasi pelayanan kesehatan melalui Klinik Asuransi Sampah. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) inovasi pelayanan kesehatan masyarakat melalui Klinik Asuransi Sampah; (2) faktor pendukung dan penghambat dalam inovasi pelayanan kesehatan masyarakat melalui Klinik Asuransi Sampah. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles Huberman dengan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, inovasi pelayanan kesehatan masyarakat melalui Klinik Asuransi Sampah memenuhi aspek inovasi metode pelayanan. Hal ini dapat dilihat dari perubahan baru dalam hal berinteraksi dengan pelanggan atau cara baru dalam memberikan pelayanan yang diberikan oleh Klinik Asuransi Sampah yaitu menggunakan sampah sebagai sumber pembiayaan. Layanan kesehatan meliputi kuratif,promotif,preventif dan rehabilitatif. Adanya Klinik Asuransi Sampah tidak lepas dari proses inovasi di dalamnya. Tahap awal dari sebuah inovasi diawali dengan sebuah kebutuhan dan adanya masalah dalam masyarakat yang menjadi latar belakang dari munculnya inovasi dan dikembangkan melalui riset dasar dan aplikati serta dilanjutkan dengan pengembangan,komersialisasi, difusi dan adopsi, serta sampai pada tahap akhir yaitu konsekuensi. Faktor pendukung meliputi adanya karyawan yang terdidik dan terlatih. Mereka terdidik dan terlatih dengan perangkat teknologi informasi dan komunikasi,manajemen ide yang terstruktur dan dukungan dari lembaga-lembaga nasional maupun internasional. Faktor penghambat meliputi adanya sumberdaya manusia yang datang dan pergi serta kesadaran masyarakat pada program ini masih kecil. Saran yang dapat diberikan adalah Pengelolaan sampah dalam program Klinik Asuransi Sampah masih perlu mengalami perbaikan. Sampah yang terkumpul sampai saat ini hanya berhenti pada pengepul sampah. Penangan masalah karyawan akan lebih baik apabila Indonesia Medika menggunakan sistem kontrak untuk menahan karyawan agar tidak datang dan pergi.
English Abstract
Klinik Asuransi Sampah is a new innovation of health services. As a public sector service innovation, on Klinik Asuransi Sampah they provide services without the need to pay for the heatl services. Society can replace money with garbage to get health services and health facilities. The purpose of this study is to determine, describe and analyze the innovation of public health services through Klinik Asuransi Sampah and to find out, describe and analyze the supporting factors and obstacles in health services innovation through Klinik Asuransi Sampah . This research uses descriptive qualitative approach and this research only focus on, (1) the governments role in public health services innovation through Klinik Asuransi Sampah; (2) enabling and inhibiting factors in public health services innovation through Klinik Asuransi Sampah.The data analysis is Miles ??????????? ???????????? ????l with condensation stages, data presentation, and conclusion or verification. Based on the results of the research, public health services innovation which is Klinik Asuransi Sampah fulfill the aspects of public service method. It can be seen from the recent changes in terms of interacting with the customers or new ways of providing services by Klinik Asuransi Sampah by using garbage as money substitute.Health services include curative, promotive, preventive and rehabilitative. Klinik Asuransi Sampah innovation process was not separated from the process of innovation in it. The early stage of an innovation begins with the needs and problems in society which is could be the background of the emerge of innovations and it will developed through basic research and aplikati and continued with the development, commercialization, diffusion and adoption, and the final stages, is the consequence. Supporting factors is the employees who are educated and trained. They educated and trained with information technology and communication technology tools, management structured idea and support from national institutions and international institutions. Inhibiting factor is their human resources which come and go and society are not fully aware of this program. The researcher sugests that the garbage management in Klinik Asuransi Sampah program still need to be improved. The garbage which has been collected until now only stopped at the garbage collector. It would be better if Indonesia Medika use a contract system to retain employees for not to come and go inside the organization.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/774/ 051609488 |
Commentary on: | Eprints 0 not found. |
Subjects: | 300 Social sciences > 351 Public administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 04 Oct 2016 13:19 |
Last Modified: | 04 Oct 2016 13:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119134 |
Actions (login required)
View Item |