Penguatan Organisasi Sebagai Upaya Mewujudkan Pelayanan Prima (Studi Di Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban)

Sugiarto, Rofiq (2016) Penguatan Organisasi Sebagai Upaya Mewujudkan Pelayanan Prima (Studi Di Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar perkembangan pelayanan publik di Indonesia. Organisasi yang berupaya mewujudkan pelayanan prima harus mempunyai kemampuan memadai, terutama organisasi pelayanan publik. Oleh karena itu, organisasi perlu mengembangkan kapasitas meliputi penguatan organisasi, sumber daya manusia, dan reformasi sistem. Dalam penelitian menekankan pada penguatan organisasi. Kecamatan Tuban sebagai salah satu instansi di Kabupaten Tuban melakukan penguatan organisasi sebagai indikator strategi dan pelayanan prima sebagai indikator hasil. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis penguatan organisasi yang dilakukan oleh kantor Kecamatan, mendeskripsikan penyelenggaraan pelayanan prima di kantor Kecamatan Tuban serta mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat penguatan organisasi yang dilakukan oleh Kecamatan Tuban. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan dibatasi dengan tiga fokus yaitu (1) Penguatan organisasi yang dilakukan oleh Kecamatan Tuban meliputi Kepemimpian, Komunikasi dan Budaya organisasi; (2) Pelayanan prima yang dilakukan oleh Kecamatan Tuban yang meliputi: prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, produk dan spesifikasi jenis pelayanan, kompetensi pelaksana, prilaku pelaksana, maklumat pelayanan dan penanganan pengaduan, saran dan masukan; (3) Faktor Pendukung dan penghambat penguatan organisasi yang dilakukan Kecamatan Tuban. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles, Huberman & Saldana dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian Kecamatan Tuban telah melaksanakan penguatan organisasi melalui kepemimpinan dengan memberikan contoh keteladanan kepada pegawai yang mampu mempengaruhi kinerja dan kedisiplinan pegawai. Sedangkan komunikasi terjadi komunikasi keatas, kebawah dan horizontal melalui briefing, meeting, kerjasama staff dan diskusi. Selain itu, budaya yang teladan menimbulkan kedisiplinan dan motivasi kerja. Untuk memberikan pelayanan prima Kecamatan berpedoman SOP, memaksimalkan kompetensi pegawai, dan fasilitas penunjang. Hambatan dalam pelaksanannya yaitu jumlah SDM yang minim sehingga pembagian kerja tidak sesuai bidang dan Sedangkan hambatan eksternal dari Dukcapil yang terkadang terlambat menyelesaiakan tugasnya sehingga mengganggu pelayanan Kecamatan. Keberhasilan penguatan organisasi tidak terlepas dari kesadaran atas kekurangan yang dimiliki sehingga mengetahui kekurangan organisasi dan dapat memperbaiki kekurangan tersebut dengan tepat. Sedangkan pendukung eksternal muncul dari hasil penilaian IKM Pemerintah Daerah yang mampu memotivasi organisasi untuk memenuhi target dan terus meningkatkan pelayanan. Saran yang diberikan adalah perlu adanya ketegasan agar Dukcapil berbenah, lebih tegas menerapkan punishment. Pengajuan penambahan pegawai ke BKD Kabupaten Tuban dan mengembangkan website resmi tentang pelayanan agar masyarakat lebih mudah melihat informasi pelayanan Kecamatan.

English Abstract

This research is held for the reason of public service development. An organization which makes an effort to concrete the excellence service must have suitable capability, especially for public service organization. Thus, the organization needs to develop the capacity of organization strengthening, human resource and system reformation. This research emphasizes the organization strengthening. Kecamatan Tuban as one of institution in Kabupaten Tuban holds the organization strengthening as the indicator of strategy and excellence service as the indicator of result. The aim of this research is to describe and analyze organization strengthening which is held by Kecamatan office, describing the implementation of excellence service in Kecamatan Tuban and also describing and analyzing stimulus and pursue factor of organization strengthening held by Kecamatan Tuban. This research is descriptive research used qualitative design and limited by three focuses; (1) organization strengthening held by Kecamatan Tuban including leadership, communication and organization culture; (2) excellence service held by Kecamatan Tuban including service procedure, service requirement, service schedule, service cost, product and specification type of service, executor competence, executor behavior, service proclaim and complain service, suggestion and input; (3) stimulus and pursue factor of organization strengthening held by Kecamatan Tuban. This research uses interactive model by Miles, huberman & Saldana with step of data collection, data condensation, data serving, conclusion and verification. Based on the result of this research, Kecamatan Tuban is already held organization strengthening trough leadership by giving example to staff that is capable to affect performance and discipline of the other staff. Moreover, communication can be upper communication, down communication and horizontal communication trough briefing, meeting, staff cooperation and discussion. Besides that, figure culture makes discipline and work motivation. In order to give excellence service, Kecamatan hold on SOP, maximize the employ competence and supporter facility. The obstruction of its realization is limited human source that make job division is not suitable, while the external obstruction from Dukcapil which is sometime late to finish the task so that it can disturb Kecamatan Service. The success of organization strengthening is caused by the awareness of organization’s weakness so that they can fix these weaknesses well. Moreover, the external support coming from IKM scoring of local government which is capable to motivate the organization to fulfill the target and improve the service continuously. The given suggestion in this case is there must be emphasis so that dukcapil can be better and clearer in applying punishment. The submission of BKD staff increment in Kabupaten Tuban and develop official website for service to ease society in looking for Kecamatan service information.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/752/ 051609466
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 30 Sep 2016 16:14
Last Modified: 25 Nov 2021 06:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119110
[thumbnail of BAB_I_II_III__IV_V_new_new_clear.pdf]
Preview
Text
BAB_I_II_III__IV_V_new_new_clear.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item