Strategi Pemerintah Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat Dalam Pengembangan Potensi Pariwisata (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Lombok Timur)

Maarif, Syamsul (2016) Strategi Pemerintah Kabupaten Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat Dalam Pengembangan Potensi Pariwisata (Studi Pada Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Lombok Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan daerah merupakan salah satu bagian dari pembangunan nasional. Setiap daerah diberikan wewenang dan otoritas untuk mendayagunakan setiap potensi yamg dimiliki untuk dikelola guna kepentingan masyarakat, salah satunya adalah potensi pariwisata. Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat yang memiliki potensi pariwisata cukup besar yamg mencakup wisata alam dan wisata budaya. Penelitian ini didasari atas dasar belum maksimalnya pengembangan potensi pariwisata daerah, sedangkan potensi pariwisata yang tersedia cukup besar. Untuk itu, diperlukan berbagai upaya dan langkah-langkah yang strategis untuk mengembangkan potensi pariwisata yang dimilki secara lebih maksimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan ada dua fokus penelitian, yaitu: (1) Strategi Pemerintah Daerah Dalam Pengembangan Potensi Pariwisata di Kabupaten Lombok Timur yang meliputi Pengembangan Destinasi Wisata, Pengembangan Promosi dan Pemasaran, Pengembangan Kemitraan, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia; (2) Faktor Pendukung dan faktor Penghambat. Sumber data bearasal dari informan, peristiwa dan dokumen serta dari jenis data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan potensi pariwisata oleh pemerintah daerah dapat dikatakan belum lah maksimal, karena masih terdapat beberapa destinasi wisata yang belum dikelola dengan baik, dan masih terbatasnya sarana dan parasarana wisata seperti akses menuju objek wisata dan lainlain, masih minimnya promosi wisata yang dilakukan terutama promosi berskala internasional, kemudian masih rendahnya kualitas sumberdaya manusia pariwisata yang dimiliki mencakup sumber daya manusia sektor pemerintah dan masyarakat. Saran yang diberikan bagi pemerintah daerah adalah mengalokasikan anggaran yang proporsional untuk kepentingan pelaksanaan program-program strategis bidang pariwisata guna memaksimalkan pengembangan potensi pariwisata yang meliputi pengembangan destinasi wisata, promosi dan pemasaran, kemitraan dan sumberdaya manusia pariwisata.

English Abstract

Regional development is one part of national development . Each area was given the authority to utilize all the potential to be managed in the interests of the community , one of the potential is the potential for tourism. East Lombok regency is one of regencies in the province of West Nusa Tenggara that have tourism potential wich large enough that include nature tourism and cultural tourism. This Study is based on the ground of not maximal development of the tourism potential of the area , while the available of tourism potential is huge . So that , various efforts and strategic steps are need to develop the tourism potential that being owned by more leverage . This study used descriptive method with qualitative approach and has two focuses are: (1) Local Government Strategy in the Developing of Tourism Potential in East Lombok district which covers destinations Development of Tourism , Promotion and Marketing Development , Partnership Development , and Human Resources Development: (2) supporting factors and obsurting factors. The data sources were obtained from informants, events, documents, and primary and secondary data. The data were collected through interview, observation, and documentation. Data analysis using SWOT analysis method The results showed that the strategy of the developing the potential of tourism by local authorities wasn’t maximal yet , because there were some travel destinations that have not been managed well, and the limited facilities and infrastructure such as access to the attractions and others, still lack of tourism promotion, mainly international promotion, then the low quality of human resources for tourism, include human resources sectors of government and society. The advice was given for local government is allocating a budget that is proportional to the benefit of the implementation of strategic programs in the field of tourism in order to maximize the development of tourism potential include the development of tourist destinations , promotion and marketing , partnerships and human resources of tourism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/742/ 051609456
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 29 Sep 2016 10:19
Last Modified: 29 Sep 2016 10:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119099
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item