Pengaruh Atribut Produk terhadap Preferensi Konsumen dan Keputusan Pembelian Kartu Seluler SimPATI (Survei pada Masyarakat Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri yang Membeli Kartu Seluler Si

Pamartha, DyaAna (2016) Pengaruh Atribut Produk terhadap Preferensi Konsumen dan Keputusan Pembelian Kartu Seluler SimPATI (Survei pada Masyarakat Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri yang Membeli Kartu Seluler Si. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh atribut produk terhadap preferensi konsumen. (2) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh atribut produk terhadap keputusan pembelian. (3) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh preferensi konsumen terhadap keputusan konsumen. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksplanatori (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang responden yang merupakan masyarakat Desa Wonosari, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri yang membeli kartu seluler SimPATI. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Hasil uji jalur menunjukkan bahwa variabel Atribut Produk memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Preferensi Konsumen yang ditunjukkan oleh nilai koefisien jalur (β) sebesar 0,287 dengan probabilitas sebesar 0,004 (p<0,05). (2) Hasil uji jalur menunjukkan bahwa variabel Atribut Produk memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian yang ditunjukkan oleh nilai koefisien jalur (β) sebesar 0,216 dengan probabilitas sebesar 0,033 (p<0,05). (3) Hasil uji jalur menunjukkan bahwa variabel Preferensi Konsumen memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian yang ditunjukkan oleh nilai koefisien jalur (β) sebesar 0,205 dengan probabilitas sebesar 0,042 (p<0,05). Dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan antara atribut produk, preferensi konsumen dan keputusan pembelian terdapat hubungan yang signifikan. Sehingga masyarakat ketika akan mengambil keputusan untuk membeli kartu seluler SimPATI, peran atribut produk dan preferensi konsumen penting untuk diperhatikan bagi perusahaan Telkomsel. Dengan demikian perusahaan Telkomsel bisa menarik pelanggan untuk membeli kartu seluler SimPATI.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/715/051609063
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Oct 2016 09:29
Last Modified: 18 Oct 2021 15:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119069
[thumbnail of SKRIPSI_Dya_Ana_Pamartha.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_Dya_Ana_Pamartha.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item