Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Trunojoyo Kota Malang Melalui Program CSR (Corpoorate Social Responsibility) PT.Bentoel Group,

Lugitha, Sheila (2016) Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Trunojoyo Kota Malang Melalui Program CSR (Corpoorate Social Responsibility) PT.Bentoel Group,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Corporate Social Responsibility atau biasa disingkat dengan CSR ini dalam pelaksanaannya sedang marak pada perusahaan di Indonesia, program CSR (Corporate Social Responsibility) yang bergerak di ranah perpustakaan adalah program CSR (Corporate Social Responsibility) PT. Bentoel Group kota Malang. Salah satu bentuk CSR yang dilakukan oleh PT.Bentol Group adalah Taman Bacaan Masyarakat Trunojoyo. Dalam melakukan pelayanan di perpustakaan guna memenuhi kebutuhan pengguna tentunya perlu adanya beberapa pertimbangan salah satu nya dari segi fasilitas yang sudah disediakan, Perpustakaan tidak dapat melakukannya secara sendiri, hal tersebut tentunya dipengaruhi beberapa faktor antara lain faktor dana atau anggaran, faktor gedung penyimpanan dan ruang, faktor pengawasan dari sumber dayanya , dan lain sebagainya. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Trunojoyo melalui program CSR PT.Bentoel Group serta bagaimana faktor pendukung dan faktor pengahambat pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Trunojoyo melalui Program CSR PT.Bentoel Group. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian Taman Bacaan Masyarakat Trunojoyo. Analisis data menggunakan Miles,Huberman,& Saldana (2014:14). Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Taman Bacaan Masyarakat Trunojoyo merupakan hasil kerjasama dengan pemerintah Kota Malang dan PT.Bentoel Group melalui dana CSR (Corpoorate Social Responsibility) dan menyerahkan sepenuhnya kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang dan memberikan tanggung jawab dalam pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat Trunojoyo melalui Kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang. Pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Trunojoyo melalui dana CSR (Corpoorate Social Responsibility) meliputi 4 model pengembangan yakni pengembangan koleksi, sumber daya manusia, masyarakat pemakai, dan sistem layanan Dalam pengembangan Taman Bacaan Masyarakat Trunojoyo memiliki faktor pendukung yaitu ketersediaan petugas dan infrastruktur dan adanya anggaran CSR, adapun faktor penghambat yaitu komunikasi antar pihak pengelola dalam melakukan kerjasama,Petugas Taman Bacaan Masyarakat Trunojoyo belum memenuhi kualifikasi sebagai pustakawan. Membangun kembali serta meningkatkan komunikasi yang dinamis, komunikasi dari semua pihak menjadi faktor penting dalam pengembangannya dan Memberikan pelatihan khusus bagi petugas Taman Bacaan Masyarakat Trunojoyo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/709/051609057
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Oct 2016 13:10
Last Modified: 18 Oct 2021 15:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119062
[thumbnail of SKRIPSI_SHEILA_LUGITHA_125030707111022.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_SHEILA_LUGITHA_125030707111022.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item