Implementasi Arsip Elektronik Sebagai Inovasi Pelayanan Administrasi Kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang.

Pamungkas, AyuDwiWahyuPutri (2016) Implementasi Arsip Elektronik Sebagai Inovasi Pelayanan Administrasi Kepegawaian di Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberi kesempatan pemerintah untuk melaksanakan pelayanan berbasis elektronik atau yang biasa disebut Electronic Government. Pemanfaatan teknologi tersebut memberikan dampak kepada pemerintah untuk menciptakan sebuah inovasi dalam bidang pelayanan administrasi kepegawaian. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Malang menciptakan sebuah inovasi pelayanan administrasi kepegawaian yaitu Electronic Arsip (Arsip elektronik). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis implementasi arsip elektronik serta faktor pendukung dan penghambat inovasi arsip elektronik di Badan Kepegawaian Daerah Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan analisis model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana (2014: 14) Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan arsip elektronik ini mempunyai tujuan untuk memberi kemudahan dalam proses administrasi karena merubah arsip manual menjadi arsip digital. Dokumen yang dapat didownload di aplikasi arsip elektronik ini terdiri dari SK CPNS, SK PNS, Kenaikan Pangkat, Gaji Berkala, Pendidikan, SK Jabatan Struktural, SK Jabatan Fungsional Tertentu, Sasaran Kerja Pegawai, Kartu Pegawai Elektronik, Konversi NIP, Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan dan DIKLAT. Inovasi ini secara umum mampu mengatasi permasalahan pelayanan administrasi kepegawaian terkait masalah pengelolaan arsip yang menghasilkan sesuatu secara efektif dan efisien. Implementasi arsip elektronik ini mempunyai faktor pendukung yaitu kemampuan pegawai dalam menggunakan teknologi, sarana teknologi, dokumen dari seluruh SKPD di Kota Malang, serta jaringan internet. Hambatan dalam impelementasi arsip elektronik yaitu keterbatasan alat dan minimnya SDM, serta keterlambatan berkas dari SKPD di Kota Malang. Saran yang direkomendasikan antara lain melakukan penambahan mesin scan yang digunakan untuk proses scanning dan penambahan sumber daya manusia, meningkatkan kerjasama antar instansi, melakukan perubahan pada sistem jaringan, yang terakhir adalah membuat SOP (Standar Operational Procedure) agar kebijakan arsip elektronik ini dapat selalu ditinjau dan diperbaharui oleh pihak yang bertanggung jawab dalam kebijakan arsip elektronik ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/707/051609055
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Oct 2016 13:01
Last Modified: 18 Oct 2021 15:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119060
[thumbnail of AYU_DWI_WAHYU_PUTRI_PAMUNGKAS.pdf]
Preview
Text
AYU_DWI_WAHYU_PUTRI_PAMUNGKAS.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item