Efektivitas Regulasi Dalam Operasionalisasi Angkutan Kota (Angkot) di Kota Malang (Studi Kasus pada Dinas Perhubungan Kota Malang),

Ramadhita, Achita (2016) Efektivitas Regulasi Dalam Operasionalisasi Angkutan Kota (Angkot) di Kota Malang (Studi Kasus pada Dinas Perhubungan Kota Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan dikarena di jalanan Kota Malang banyak angkutan kota (angkot) yang beroperasi tidak sesuai dengan regulasi yang ditetapakan oleh pemerintah Kota Malang melalui Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang di Jalan Dengan Kendaraan Bermotor Umum. Melalui Perda tersebut pemerintah Kota Malang menghendaki untuk terciptanya keamanan, keselamatan, dan kenyamanan di bidang transportasi khususnya angkutan kota (angkot) dalam trayek. Beberapa ketentuan yang diatur dalam Perda tersebut adalah persyaratan angkutan kota yang layak jalan, penyelenggaraan angkutan kota dalam trayek, pengawasan penyelenggaraan angkutan kota, serta hak dan kewajiban penumpang angkutan kota. Dalam penyusunan skripsi ini, metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat dikatakan bahwa penyelengara angkutan kota beserta Dinas Perhubungan dan masyarakat pengguna angkutan kota belum memahami dan mematuhi secara penuh regulasi Perda yang dibuat oleh pemerintah. Pihak Dinas Perhubungan dengan belum dapat bekerja dan dengan maskimal. Pihak sopir angkutan umum yang beroperasi hanya memikirkan faktor ekonomi tanpa memikirkan kepuasan dari penumpang angkutan. Serta pihak masyarakat yang memiliki kesadaran yang kurang sebagai pengguna angkutan dan masyarakat tidak punya akses untuk menyampaikan keluhan dalam menikmati fasilitas transportasi angkutan kota. Peneliti menyarankan, sebaiknya koordinasi antara Dinas Perhubungan dengan sopir angkutan maupun masyarakat harus dijalankan dengan baik. Dinas perhubungan dapat melakukan sosialisasi kepada pihak sopir angkutan maupun masyarakat mengenai penyelengaraan angkutan kota yang baik dan benar. Kemudian Dinas Perhubungan juga dapat membuat media online sebagai penyalur kritik dan masuk dari masyarakat pengguna yang berguna bagi perbaikan transportasi angkutan kota di Kota Malang. Pemerintah bisa memberikan bantuan subsidi bagi para pemilik angkutan kota (angkot) untuk melakukan peremajaan kendaraan, melalui peremajaan angkutan umum dapat mewujudkan transportasi yang aman dan nyaman bagi penumpang. Pemerintah dapat membuat kebijakan penyelengaraan angkot realtime yang digunakan agar angkot dapat berhenti tepat waktu sesuai jadwal yang ditetapkan pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/698/051609046
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Oct 2016 12:43
Last Modified: 04 Oct 2016 12:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119049
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item