Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Mewujudkan Kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Balongbendo (Studi Pada Kantor Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo)

Prakoso, DonyTeguh (2016) Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Mewujudkan Kualitas Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan Balongbendo (Studi Pada Kantor Kecamatan Balongbendo Kabupaten Sidoarjo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar pengembangan SDM di Kantor Kecamatan Balongbendo dan memiliki hasil kualitas pelayanan yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis pengembangan sumber daya manusia dalam mewujudkan kualitas pelayanan administratif terpadu kecamatan Balongbendo; dan 2) Menganalisis faktor pendukung dan penghambat pengembangan sumber daya manusia dalam mewujudkan kualitas pelayanan administratif terpadu kecamatan Balongbendo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis data, dalam penelitian ini menggunakan model interaktif menurut Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari empat tahapan, yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kantor Kecamatan Balongbendo adanya upaya pengembangan SDM dalam bentuk kondisi kerja. Kondisi kerja yang berupa kerjasama antar pegawai yang dilaksanakan dengan baik, penguatan sarana dan prasarana, serta adanya kedisiplinan pegawai namun tidak diimbangi dengan reward. Kualitas yang dihasilkan cukup baik dilihat dari lima indikator. Namun dari segi Tangible, sumber daya manusia masih belum memadai, dan dari segi Reliability, masih terdapat kendala pada masalah jaringan intranet yang sering trobel. Adapun faktor pendukung yaitu dukungan seorang pemimpin dan sarana prasarana pegawai. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor jumlah pegawai sebagai penyedia pelayanan dan sarana jaringan sebagai akses intranet kecamatan. Saran yang diberikan antara lain seharusnya perlu adanya reward sebagai motivasi guna meningkatkan semangat pegawai, dan segara memenuhi sarana prasarana yang diperlukan.

English Abstract

This research based of Human Resource Development as an effort to sub-district office Balongbendo, have the results the quality of services less than maximum. This study aims to 1) Analyzing the development of human resources in achieving service quality integrated administrative Sub-districts Balongbendo; and 2) Analyzing the factors supporting and inhibiting the development of human resources in realizing an integrated administrative service quality Sub-district Balongbendo. This type of research used in this research is descriptive research with a qualitative approach. Technique of collected data by using interviews, observation and documentation. Analysis of the data, in this study using interactive models according to Miles, Huberman and Saldana which consists of four stages, data collection, data condensation, data presentation and conclusion/verification. Results from this study indicate that sub-district Balongbendo office has implemented human resources development efforts in the form of working conditions. The working conditions are applied in the form of co-operation between employee well-executed, strengthening of infrastructure and facilities, as well as their employee discipline but not matched by the rewards.The resulting quality is quite good views of the five indicators. But in terms of Tangible, human resources are still inadequate, and in terms of Reliability, there are constraints on the intranet network problems are often trobel. The supporting factor is the support of a leader and employee infrastructure. Inhibiting factor is the factor of the number of employees as service providers and network infrastructure as intranet access districts. Sugestions given include it should a needs for reward as motivation to improve the morale of employees, and meet the necessary infrastructure.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/695/ 051609043
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 04 Oct 2016 11:50
Last Modified: 04 Oct 2016 11:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119046
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item