Optimalisasi Pendayagunaan Dana Zakat Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Di Lembaga Amil Zakat Yasa Kota Malang)

Ridwan, Samsi (2016) Optimalisasi Pendayagunaan Dana Zakat Untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Di Lembaga Amil Zakat Yasa Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan pada sejarah dan fenomena saat ini mengenai pengelolaan zakat di Kota Malang. Bagi ummat islam ketentuan dalam membayar zakat merupakan salah satu perintah yang harus dilaksanakan yang bertujuan untuk menunjukkan eksistensi keislamannya. Dalam Undang-undang No.23 tahun 2011 menetapkan badan amil yang bertugas mengumpulkan dan mendistribusikan zakat dipelopori oleh BAZ (Badan Amil Zakat) yang dikelola oleh pemerintah dan beberapa LAZ (Lembaga Amil Zakat) yang dikelola oleh swasta dengan syarat telah disahkan oleh pemerintah. LAZ memiliki beberapa keunikan yang bisa dimaksimalkan untuk mendayagunakan dan mendistribusikan zakat dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan teknik dokumentasi. Data ini diperoleh dengan ikut berperan langsung dengan pihak terkait yaitu YASA Kota Malang. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Fokus analisis dilakukan sebagai kelanjutan proses dari pengumpulan data dan pembuatan kesimpulan. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa YASA Kota Malang telah menyalurkan zakat melalui program-program unggulan yang dimiliki YASA, beberapa program-program tersebut mengarah pada pemberdayaan kesejateraan social masyarakat terutama dalam golongan pelajar dan guru. Kesimpulan dan saran dari penelitian ini mencakup beberapa hal, terutama yang berkaitan dengan optimalisasi pendayagunaan dana zakat. YASA Kota Malang sebagai salah satu lembaga amil zakat di Kota Malang telah memberikan kontribusi nyata bagi proses perubahan masyarakat dari kondisi yang serba kesulitan menuju kondisi masyarakat yang lebih baik. Meskipun demikian YASA Kota Malang Harus tetap berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan, pengelolaan dan pendistribusian zakat agar tujuan dari apa yang telah di amanahkan oleh undang-undang dapat terwujud dengan lebih baik.

English Abstract

This research implemented by history and phenomenon today about management of zakat. For muslims provisions in zakat is one of order that must do for intend to showing the islam existence. Islam economic experts have agreed that zakat is instrument of social security, which one management of zakat must be overcome social unrest and alleviate poverty. In Indonesia, amil zakat agency that charge of collect and distribute of zakat spearheaded by BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) which manageable by government and several LAZ (Lembaga Amil Zakat) that manageable by private and the terms have been approved by government. LAZ have some uniqueness that can be maximize for leverage and distribute of zakat on society. In terms of ownership, LAZ can be initiated the establishment by anyone as long as it meets requirements in accordance with the zakat constitution in Indonesia. While in terms of collection, LAZ have a unique strategy for attract muzakki to paying his zakat. While in terms of leverage, LAZ have a few interesting programs and usually easier to remember for society. This research uses qualitative method. Data collecting done using with interview, observation, and documentation. This data obtained by involving related parties, namely is Yayasan Amal Sosial Ash-shohwah in malang city. Analysis data done using with miles and Huberman interactive models. Analysis focus done as continuation of the process from data collecting and conclusion making.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/694/ 051609042
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 04 Oct 2016 13:28
Last Modified: 04 Oct 2016 13:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119045
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item