Alternatif Pengelolaan Wisata Pantai Dalam Konsep Pariwisata Berkelanjutan ( Studi Pada Wisata Pantai Balekambang Kabupaten Malang )

Wardana, AdiPrasetya (2016) Alternatif Pengelolaan Wisata Pantai Dalam Konsep Pariwisata Berkelanjutan ( Studi Pada Wisata Pantai Balekambang Kabupaten Malang ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konsep pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) adalah pembangunan pariwisata yang dapat memenuhi kebutuhan wisatawan maupun daerah tujuan wisata pada masa kini, sekaligus melindungi dan mendorong kesempatan serupa dimasa yang akan datang. Untuk mencapai konsep pariwisata berkelanjutan, pengelola wisata pantai Balekambang akan menghadapi tantangan kedepan dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan yang sifatnya dinamis sesuai perkembangan zaman dengan tujuan agar dapat memenuhi kebutuhan pariwisata di masa kini tanpa mengorbankan kebutuhan pariwisata di masa yang akan datang. Maka dari itu, peneliti memilih fokus pengelolaan wisata pantai Balekambang saat ini dari aspek kelembagaan, perencanaan, pengaturan, pelaksanaan, dan pengendalian. Kemudian tantangan yang akan dihadapi oleh pihak pengelola dan alternatif pengelolaan untuk menghadapi tantangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis mengenai pengelolaan wisata pantai Balekambang saat ini, tantangan yang dihadapi kedepan, serta alternatif pengelolaan untuk menghadapi tantangan tersebut. Hasil dari penelitian ini, menunjukkan bahwa pengelolaan yang berjalan saat ini berjalan sesuai aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola namun perlu adanya pembenahan pada segi kelembagaan, perencanaan, pengaturan, pelaksanaan, dan pengendalian agar mekanisme dan efektifitas pengelolaan pariwisata dapat berjalan lebih baik sesuai dengan peranan dan fungsinya masingmasing. Secara ringkas untuk mewujudkan konsep pariwisata berkelanjutan, tantangan yang dihadapi kedepan dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan telah diidentifikasi dan dijabarkan sesuai ruang lingkupnya masing-masing. Sehingga, dari tantangan tersebut muncul alternatif pengelolaan yang telah dianalisis dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan untuk menghadapi tantangan tersebut. Didalamnya terdapat inovasi-inovasi untuk mewujudkan konsep pariwisata berkelanjutan yang selama ini belum dilakukan oleh pihak pengelola dalam mengelola wisata pantai Balekambang sehingga dapat dijadikan saran dan masukan sebagai alternatif pengelolaan. Hal tersebut guna mewujudkan pengelolaan pariwisata yang berorientasi pada keseimbangan dan keselarasan antara aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan pada wisata pantai Balekambang.

English Abstract

The concept of sustainable tourism can be sufficient of tourists needs and tourist destination present, while protecting and encouraging similar opportunities in the future. To achieve the concept of sustainable tourism, management of Balekambang beach will meet the challenges in the economic, social, and environmental that according dynamic nature to meet the needs of tourism in the present without compromising the needs of tourism in the future. Therefore in this study, the researchers chose to focus on the management of Balekambang beach in this time which cover aspect of institutional, planning, regulation, implementation, and control. Then the challenges to be faced by the management and management alternatives for the challenge. This study aims to describe and analyze management of Balekambang beach in the present, challenges of the future, as well as management alternatives to meet these challenges. The results of this study indicate that management already appropriate the rules by the manager but still need for improvement in terms of institutional, planning, regulation, implementation, and control that can make better mechanism and effectiveness of the management tourism. To realize the concept of sustainable tourism, the challenges ahead in the economic, social, and environment have been identified and are adjusted to reflect the scope of each. Then from these challenges, arise management alternatives that have been analyzed in the economic, social, and environment to resolve these challenges. In which there are many innovations to realize the concept of sustainable tourism that has not been done by the manager in Balekambang beach management. So it can serve as an alternative suggestions and feedback management. All of it, to realize the management of tourism that balance and harmony oriented between economic, social, environmental on Balekambang beach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/693/ 051609041
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 04 Oct 2016 14:25
Last Modified: 04 Oct 2016 14:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119044
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item