Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang dalam Membangun Masyarakat Tangguh Bencana (Studi Pada Desa Pandansari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang)

Kurnia, RafiqLuthfan (2016) Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang dalam Membangun Masyarakat Tangguh Bencana (Studi Pada Desa Pandansari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kabupaten Malang merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Timur yang memiliki tingkat potensi ancaman bencana yang cukup tinggi, terutama potensi ancaman bencana longsor. Hal ini dikarenakan kondisi geografis Kabupaten Malang yang dikelilingi oleh pegunungan-pegunungan dan perbukitan. Dengan adanya tingkat potensi ancaman Bencana di Kabupaten Malang, maka pemerintah Kabupaten Malang harus melindungi seluruh masyarakat Kabupaten Malang dari ancaman bencana. Salah satu cara untuk melindungi masyarakat dari ancaman bencana, pemerintah Kabupaten Malang membuat program pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat, yang nantinya akan menghasilkan sebuah masyarakat tangguh bencana. Salah satu Desa di Kabupaten Malang yang telah melakasanakan kegiatan pengurangan risiko bencana berbasis masyarakat adalah di Desa Pandansari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis peran BPBD Kabupaten Malang dalam membangun masyarakat tangguh bencana di Desa Pandansari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang dengan penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan penulis adalah dengan cara wawancara, obesrvasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa dengan menggunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan menggambarkan dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa peran BPBD Kabupaten Malang dalam membangun masyarakat tangguh bencana di Desa Pandansari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang telah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan kondisi masyarakat Desa Pandansari yang mampu untuk menghadapi bencana serta memulihkan diri dengan cepat terutama setelah peristiwa bencana erupsi Gunung Kelud pada tahun 2014. Untuk menciptakan masyarakat tangguh bencana, BPBD bekerjasama dengan berbagai pihak yaitu, dinas-dinas teknis terkait penanggulangan bencana, lembaga usaha, dan lembaga internasional. Akan tetapi dalam rangka membangun masyarakat tangguh bencana di Desa Pandansari, BPBD Kabupaten Malang masih menemukan beberapa hambatan seperti waktu yang harus menyesuaikan dengan masyarakat, apabila akan melaksanakan kegiatan sosialisasi penanggulangan bencana, masih rendahnya tingkat kedisiplinan masyarakat Desa Pandansari, dan masih adanya mitos yang dipercayai oleh masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/684/051609032
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Oct 2016 14:27
Last Modified: 18 Oct 2021 14:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119034
[thumbnail of Rafiq_Luthfan_Kurnia_125030600111016.pdf]
Preview
Text
Rafiq_Luthfan_Kurnia_125030600111016.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item