Pengembangan Budidaya hortikultura berbasis Local Economic Resources Development (LERD) di Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep.

Ariyani, NovitaNovita (2016) Pengembangan Budidaya hortikultura berbasis Local Economic Resources Development (LERD) di Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan ekonomi daerah melalui pengembangan budidaya hortikulturamerupakan salah satu bagian penting dari pembangunan daerah sebagai bentuk upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pengembangan budidaya hortikultura ini dilakukan sesuai dengan kondisi potensi dan kemampuan sumber daya manusia yang mengelola. Kecamatan Rubaru merupakan salah satu kecamatan dari Kabupaten Sumenep yang dipilih untuk dilakukan pengembangan budidaya hortikultura karena teridentifikasi sektor potensial dari wilayahnya. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi/upaya yang tepat dalam melakukan pembangunan ekonomi sektor pertanian melalui pemanfaatan SDA dan SDM secara optimal guna memiliki nilai tambah yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dalam pengembangan budidaya hortikultura Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep yang ditinjau dari perspektif LERD dan menganalisis potensi yang mendukung kegiatan pengembangan tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif untuk menggambarkan fenomena di lapangan dengan penyajian data yang digunakan sebagai bahan analisis pengembangan budidaya hortikultura di Kecamatan Rubaru. Peneliti menggunakan alat analisis Creswell untuk mengetahui potensi yang mendukung pengembangan budidaya hortikultura dan pelaksanaan dari kegiatan pengembangan tersebut, dan analisis SWOT untuk merancang usulan strategi alternatif pengembangannya yang berbasis LERD. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa pengembangan budidaya hortikultura di Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep memiliki potensi yang mendukung dari segi keanekaragaman hortikultura, lahan pertanian, tenaga kerja, dan pasar. Namun, pelaksanaan pengembangan tersebut belum memenuhi standar penerapan dari adanya konsep LERD guna meningkatkan perekonomian lokal melalui pemanfaatan sumber daya yang ada. Kemudian, pengembangan budidaya hortikultura juga belum dapat dilihat tingkat keberhasilannya, baik dari segi pendapatan petani maupun membuka lapangan kerja. Berdasarkan hasil analisis dari pengembangan budidaya hortikultura sesuai konsep LERD mengindetifikasikan bahwa dalam kegiatan pengembangan memerlukan strategi dalam pelaksanaannya untuk meningkatkan dan menstabilkan perekonomian masyarakat lokal. Sehingga, dalam pengembangan budidaya hortikultura memerlukan perhatian pemerintah dalam pengelolaan dan pemanfaatan SDA dan SDM Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep diserta dengan penyusunan kebijakan secara legal yang menjadi acuan dalam pengembangan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/680/051609028
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Oct 2016 11:23
Last Modified: 18 Oct 2021 14:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119030
[thumbnail of Novita_Ariyani_(125030100111020).pdf]
Preview
Text
Novita_Ariyani_(125030100111020).pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item