Implementasi Program Waste to Zero di Bidang Lingkungan Hidup (Studi tentang Corporate Social Responsibility / Tanggungjawab Sosial Perusahaan pada SMIF Gresik),

Amalia, RizkyNanda (2016) Implementasi Program Waste to Zero di Bidang Lingkungan Hidup (Studi tentang Corporate Social Responsibility / Tanggungjawab Sosial Perusahaan pada SMIF Gresik),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang implementasi program waste to zero di bidang lingkungan hidup yang dilaksanakan di Kabupaten Gresik. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang implementasi program waste to zero di bidang lingkungan hidup yang dilaksanakan di Kabupaten Gresik untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis faktor penghambat implementasi program waste to zero di bidang lingkungan hidup. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini metode proses analisis data yang digunakan adalah metode analisis data Miles Huberman dan Saldana dengan tahapan koleksi data, kondensasi data, penyajian data, serta terakhir penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan program waste to zero yang dilaksanakan di Kabupaten Gresik sudah berjalan baik oleh Semen Indonesia Foundation. Pelaksanaan waste to zero di bidang lingkungan hidup ini dibangun dengan koordinasi dari pihak Semen Indonesia Foundation dan Badan Lingkungan Hidup yang ikut berperan dalam pelaksanaan program waste to zero di bidang lingkungan hidup. Pabrik pengelolaan sampah yang dibangun oleh Semen Indonesia Foundation ini semata-mata ingin membantu Pemerintah Daerah Kota Gresik dalam mengatasi penumpukan yang setiap hari semakin menumpuk semakin banyak dari tahun ke tahun. Selain itu, yang perlu diperhatikan yaitu Pemerintah Daerah Kabupaten Gresik harus memiliki perda tentang pengelolaan sampah. Rekomendasi yang diberikan berdasarkan penelitian ini adalah sebagai perusahaan yang peduli lingkungan Semen Indonesia Foundation (SMIF) sebaiknya mengadakan seminar mengenai peduli lingkungan untuk memberikan pengertian dan pengetahuan kepada masyarakat dalam mengatasi sampah yang ada di sekitar kita. Selain itu juga Pemerintah harus mempunyai solusi/inovasi baru untuk mengatasi sampah yang tiap hari semakin menumpuk. Tidak hanya mengatasi tetapi pemerintah harus mencari lahan untuk pembuangan sampah karena lahan yang saat ini dipakai untuk pembuangan adalah lahan milik PT. Semen Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/664/051609012
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 12 Oct 2016 10:05
Last Modified: 18 Oct 2021 11:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/119012
[thumbnail of Rizky_Nanda_Amalia_(1250105111001).pdf]
Preview
Text
Rizky_Nanda_Amalia_(1250105111001).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item