Penanggulangan Pencemaran Limbah Industri dalam Perspektif Pembangunan Berkelanjutan (Studi pada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang),

Latifa, Asmaul (2016) Penanggulangan Pencemaran Limbah Industri dalam Perspektif Pembangunan Berkelanjutan (Studi pada Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan industri yang meningkat dapat membuat kualitas dan kuantitas lingkungan hidup menurun, seperti halnya permasalahan pencemaran limbah industri yang dapat memberikan dampak negatif bagi masyarakat sehingga pentingnya diterapkan pembangunan yang berwawasan lingkungan dalam penanggulangan pencemaran. Pencemaran yang meningkat salah satunya disebabkan oleh PT Indoflora Cipta Mandiri yang terjadi pada Bulan Mei Tahun 2015 dan penanggulangannya dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan penanggulangan pencemaran limbah PT Indoflora Cipta Mandiri oleh Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang yang berwawasan lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data ini menggunakan analisis model interaktif Miles, Huberman dan Saldana melalui 4 (empat) tahap yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa penanggulangan pencemaran limbah industri dilakukan oleh Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang secara administratif dengan memberikan pembinaan, pengarahan, dan memberikan sanksi teguran tertulis terhadap PT Indoflora Cipta Mandiri. Sedangkan penanggulangan teknis dilakukan oleh pihak PT Indoflora Cipta Mandiri dengan mengganti pipa yang rusak dan bocor, menghentikan produksi untuk sementara, serta memilah bahan baku yang digunakan untuk produksi agar tidak memberikan beban bagi pengolahan limbah dalam IPAL. Selain itu, penanggulangan komprehensif dengan melakukan kerjasama dengan masyarakat, dinas lain, serta pelaku usaha untuk melakukan komunikasi secara intensif untuk melestarikan lingkungan hidup antara Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Malang dengan dinas lain, masyarakat dan pelaku usaha. Saran dari penelitian ini adalah bahwa untuk melakukan penanggulangan pencemaran limbah industri, pentingnya kesadaran dari seluruh stakeholder, akan tetapi jika terjadi pelanggaran, maka diperlukan sanksi yang tegas oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/648/051610532
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Oct 2016 09:45
Last Modified: 11 Oct 2016 09:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118994
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item