Implementasi Perhitungan Laba Komersial Dan Laba Fiskal Sebagai Dasar Tax Planning (Studi Pada Pt Payung Pusaka Mandiri Kediri Periode Tahun 2012-2014)

Setianingtyas, YemimaAccordien (2016) Implementasi Perhitungan Laba Komersial Dan Laba Fiskal Sebagai Dasar Tax Planning (Studi Pada Pt Payung Pusaka Mandiri Kediri Periode Tahun 2012-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak merupakan sumber utama penerimaan negara. Tiap negara membuat aturan dan ketentuan dalam mengenakan dan memungut pajak di negaranya, yang umumnya mengikuti prinsip-prinsip atau kaidah dalam perpajakan. Perpajakan sebagai salah satu bentuk kegiatan pemerintah yang erkaitan dengan pengelolaan keuangan negara, mempunyai tujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Dari fenomena yang terjadi, perusahaan dalam hal manajemen keuangannya, berusaha agar dapat melakukan penghematan pajak dalam koridor ketentuan peraturan perpajakan yang berlaku. Usaha meminimumkan beban pajak yang tetap dalam konteks mematuhi ketentuan perpajakan dikenal dengan nama perencanaan pajak (tax planning). Penelitian yang dilakukan sehubungan dengan fenomena yang dialami pada perusahaan sebagai wajib pajak, bertujuan untuk mengetahui perhitungan laba komersial dan laba fiskal yang diterapkan dan mengetahui implementasi perhitungan laba komersial dan laba fiskal sebagai dasar tax planning yang dapat dilakukan oleh perusahaan. Di samping itu, dengan adanya permasalahan yang telah dikemukakan maka dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan keadaan perusahaan dalam melakukan tax planning untuk meningkatkan efesiensi pajak penghasilan dengan cara tidak bertentangan dengan Undang-Undang perpajakan yang berlaku. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa tax planning yang dilakukan cukup baik. Dilihat dari hasil perhitungan laba komersial dan laba fiskal yang menjadi dasar perhitungan pajak penghasilan terhutang terdapat perbedaan sehingga dapat terjadi penghematan pajak. Perbedaan yang timbul disebabkan karena masih adanya komponen biaya yang belum sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal oleh PT Payung Pusaka Mandiri. Oleh karena itu, diharapkan dengan adanya tax planning, penghematan pajak yang dilakukan dapat lebih optimal. Dengan dilakukannya tax planning diketahui PT Payung Pusaka Mandiri dapat menghemat pajaknya sebesar ii Rp 1.423.850,00 pada tahun 2012, Rp 3.946.944,00 pada tahun 2013 dan Rp 277.478,00 pada tahun 2014. PT Payung Pusaka Mandiri sebaiknya harus selalu mengikuti perkembangan peraturan perpajakan terbaru agar terhindar dari penggelapan pajak sehingga merugikan perusahaan.

English Abstract

Taxes are the main source of country revenue. Each country makes the rules and provisions in imposing and collecting taxes in the country, which generally follows the principles or rules in taxation. Taxation one of the government activities that managethe finances of the country, also has the objective to establish and improve the peoples welfare.The company in terms of financial management, trying to be able to make savings without breaking tax regulations. An effort to minimize the tax chargein case obey the tax regulations known as tax planning. Research conducted by taxpayer, aims to determine the calculation of commercial income and taxable income is applied and to know the implementation of the commercialprofit and taxable income as the basis for tax planning that can be done by the company. In addition, the study method in this research is descriptive research with quantitative approach. This method is used to describe the state of the company in tax planning to increase the efficiency of income tax in a manner not contrary to the Constitution of the applicable tax. Results from the study showed that tax planning is done quite well. The calculation of commercial income and taxable income as based of the calculation of income tax payable showed differences in tax savings. Differences arising due to the persistence of the cost components that have not been fully utilized optimally by PT Payung Pusaka Mandiri. Therefore, it is expected by the tax planning, tax savings made can be optimized. By doing tax planning PT Payung Pusaka Mandiri can save tax of Rp 1,423,850.00 in 2012, Rp 3,946,944.00 in 2013 and Rp 277,478.00 in 2014. PT Payung Pusaka Mandiri should have to keep up to date The latest tax laws in order to avoid tax evasion to the detriment of the company.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/639/ 051608987
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 27 Sep 2016 14:03
Last Modified: 27 Sep 2016 14:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118984
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item