Wulandari, Intan (2016) Analisis Kebijakan Loan To Value Sebagai Usaha Meminimalisir Kredit Bermasalah Dalam Penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (Studi Kasus Pada Pt. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Kediri). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Loan To Value (LTV) merupakan rasio antara nilai kredit yang dapat diberikan bank terhadap nilai agunan berupa properti pada saat pemberian kredit. Kebijakan Bank Indonesia memperkenalkan aturan baru ini untuk memperhatikan prinsip kehati-hatian. Namun dalam praktiknya penyaluran kredit tidak dapat berjalan dengan lancar karena berbagai faktor, salah satu faktornya adalah kredit bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kebijakan Loan To Value (LTV) sebagai usaha meminimalisir kredit bermasalah serta mengetahui tindakan untuk mengatasinya dalam penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan menggunakan pendekatan studi kasus, data yang diperoleh melalui data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan dengan adanya pelonggaran kebijakan loan to value (LTV), KPR yang disalurkan oleh PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Kantor Cabang Kediri mengalami fluktuasi, sehingga hal ini juga diikuti dengan perolehan tingkat Non Performing Loan (NPL) yang dihasilkan. Setelah penerapan pelonggaran LTV, perolehan NPL mengalami penurunan. Hal ini menunjukkan bahwa dengan adanya pelonggaran kebijakan ini kredit bermasalah dapat diminimalisir. Tindakan yang dapat dilakukan dalam meminimalisir kredit bermasalah adalah dengan melakukan pembinaan debitor, restrukturisasi kredit, dan penanganan kredit bermasalah secara litigasi (hukum). Saran yang diberikan untuk perusahaan yaitu sebaiknya bank dalam memberikan loan to value (LTV) tetap berpedoman pada ketentuan yang di buat oleh Bank Indonesia, agar tidak terkena sanksi administratif serta terhindar dari risiko dalam penyaluran kredit khususnya ke sektor properti. Dalam menangani kredit bermasalah sebaiknya perusahaan lebih mengoptimalkan penanganan secara non litigasi (tidak menggunakan jalur hukum), karena memerlukan proses waktu yang lebih lama dan membutuhkan biaya yang lebih banyak.
English Abstract
Loan To Value (LTV) is the ratio between the value of bank credit can be given to the value of callateral property at the time of granting credit. Bank Indonesia’s policy to introduce new rules to pay attention to the precautionary principle. However in practice credit could not go smoothly for a range of factors, well one issue is non performing loan. Research aims to understand the policy of loan to value as business minimize of loan defaults and know the act of to handle it in credit mortgage loan. The kind of research used in this research is research descriptive, by adopting case study, the data obtained through primary and secondary data to the technique data collection was carried out by interviews and documentation. The result of the study declare with relaxation loan to value, mortgage loan distributed by PT. Bank Tabungan Negara branches Kediri in fluctuation, so it is followed by level of non performing loan (NPL) produced. After the application of policy relaxation loan to value, non performing loans of the revenue has experienced a fall in. This show that the exiztence of this policy easing bad debt can be minimized. so loan defaults can be minimized. The act that can be carried in minimize of loans to conduct provide debtors, restructuring credit, and handling of loan default in litigation (law). Advice provide to campanies are should a bank in given loan to value mortgage loan fixed based on word has made by Bank Indonesia, so as not given sanctions administrative and avoid the risk credit distribution especially to sector property. In dealing with NPL should bank are to optimize the used of management is non litigation (not using legal track), because it requiresthe temporal process of the that is longer anda takes charge of the more
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/635/ 051608983 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 08:54 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 08:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118980 |
Actions (login required)
View Item |