Wulandari, RizkiPutri (2016) Analisis Pemberian Kredit Untuk Meminimalisir Kredit Bermasalah (Studi Pada Divisi Community Development Center (Cdc) Pt Telekomunikasi Indonesia, Tbk Sub Area Malang Periode 2013-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan atas dasar Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) yang dilaksanakan oleh PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), Tbk. Sub Area Malang. Pada periode 2013-2014 terjadi tingkat kredit bermasalah yang cukup tinggi, untuk menghindari hal tersebut maka pihak CDC PT Telkom membutuhkan suatu pemberian kredit untuk meminimalisir kredit bermasalah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian tersebut adalah penelitian deskriptif. Analisis data yang dilakukan adalah dengan menganalisis prosedur pemberian kredit yang diterapkan dalam meminimalisir kredit bermasalah, pengawasan kredit dan tingkat kredit bermasalah pada periode 2013- 2014. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur pemberian kredit pada divisi Community Development Center (CDC) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Sub Area Malang periode 2013-2014 telah dilaksanakan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaan survey hanya dilakukan pada calon mitra binaan yang sebelumnya pernah mengajukan pinjaman tidak dilakukan survey. Belum ada upaya yang dilakukan dalam pengawasan kredit kunjungan hanya dilakukan pada mitra binaan yang mengalami keterlambatan dalam membayar angsurannya. Faktor-faktor penyebab terjadinya kredit bermasalah, yaitu mitra binaan mengalami musibah, adanya penyalahgunaan pinjaman dan beberapa mitra binaan yang tidak sempat disurvey. Upaya pencegahan yang disarankan untuk mencegah terjadinya kredit bermasalah, yaitu: Outbond call, pemberian surat peringatan, pemeriksaan langsung, rescheduling, reconditioning, dan pengajuan eviden piutang bermasalah.
English Abstract
This research was conducted on the basis of Community Development Partnership Program conducted by PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), Tbk. Sub Area Malang. In the period 2013-2014 occurred level of problem loans is quite high, to avoid it then the CDC PT Telkom needs a loan to minimize bad debts. This type of research used in this study was a descriptive study. The data analysis is done by analyzing the lending procedures applied in minimizing nonperforming loans, credit control and the level of problem loans in the period 2013-2014. The results of this study indicate that lending procedures on the division of Community Development Center (CDC) PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Sub Area Malang period 2013-2014 has been carried out properly, but in the survey is only conducted on the prospective partners who have previously applied for a loan do not do surveys. No attempt was made in a credit monitoring visits conducted only on partners who experienced delays in paying the installment. Factors that cause the credit crunch, are the partners of the unfortunate, the misuse of the loan and some of the partners who had not surveyed. Prevention efforts are recommended to prevent a credit crunch, namely: Outbound call, giving warning letters, direct examination, rescheduling, reconditioning, and filing eviden troubled receivables.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/632/ 051608980 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 09:43 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 09:43 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118977 |
Actions (login required)
View Item |