Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 dan 2014 Konsumen Produk

Aqmarina, Shabrina (2016) Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Citra Merek serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 dan 2014 Konsumen Produk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Celebrity Endorser terhadap Citra Merek; (2) pengaruh Celebrity Endorser terhadap Keputusan Pembelian; dan (3) pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sebanyak 116 orang responden yang merupakan mahasiswi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2013 dan 2014 konsumen produk kosmetik Wardah. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menyebar angket penelitian. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) variabel celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap variabel citra merek dengan koefisien jalur beta sebesar 0,649; (2) variabel celebrity endorser berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan koefisien jalur beta sebesar 5,515; (3) variabel citra merek berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dengan koefisien jalur beta sebesar 0,281. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan pemasar dapat mempertahankan celebrity endorser dalam perikalanan produk kosmetik Wardah, karena celebrity endorser dapat memberikan citra yang positif bagi produk sehinga dapat meningkatkan pembelian konsumen. Selain itu diharapkan pula agar pemasar dapat menambah celebrity endorser yang berusia muda agar lebih menarik bagi usia remaja, mengingat usia remaja merupakan pangsa terbesar produk kosmetik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/625/051608973
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Oct 2016 14:59
Last Modified: 11 Oct 2016 14:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118969
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item