Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Yang Menggunakan Jasa Go-Jek)

Raiza, Azzadina (2016) Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti Yang Menggunakan Jasa Go-Jek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelasakan pengaruh Variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Sikap (X4) terhadap Variabel Keputusan Pembelian (Y) secara bersama-sama dan parsial. Jenis penelitian yang dilakukan adalah explanatory research. Jumlah sampel yang diteliti sebanyak 116 responden dengan komposisi yang terdiri dari mahasiswa. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS for Windows ver 18.0. Hasil pengujian hipotesis diketahui Sig. F ≤ α (0,000 ≤ 0,05) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama dari Variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Sikap (X4) terhadap Variabel Keputusan Pembelian (Y). Selain itu juga diketahui sig. t ≤ α (0,000 ≤ 0,05) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan secara parsial dari Variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Sikap (X4) terhadap Variabel Keputusan Pembelian (Y). Nilai Adjusted R square sebesar 0,529 atau 52,9%. Artinya bahwa Variabel Motivasi (X1), Persepsi (X2), Pembelajaran (X3), dan Sikap (X4) memberikan kontribusi terhadap Variabel Keputusan Pembelian (Y) 52,9%, sedangkan sisanya 47,1% Variabel Keputusan Pembelian (Y) akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada perusahaan untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan dan alur sistem informasi dengan pembelajaran yang lebih baik untuk pengguna Go-jek, karena variabel tersebut mempunyai pengaruh yang dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian. Peneliti juga berharap agar hasil penelitian ini dapat memberikan berbagai kontribusi positif untuk PT Go-jek Indonesia agar dapat meningkatkan kinerja secara signifikan.

English Abstract

The objective of research is to explain the influence of Variables Motiation (X1), Perception (X2), Learning (X3), and Attitudes (X4) on Variable Purchase Decision (Y) together and partially. Rearch type is explanatory research. The samples tudied were 116 respondents with comnposition made up of students college. Data analysis uses descriptive analysis and multiple linier regression analysis supported by SPSS for Windows ver 18.0. Based of the hypotesis testing result, it was found that Sig. F ≤ α (0,000 ≤ 0,05) showed they are significant effect on the variables of Variables Motivation (X1), Perception (X2), Learning (X3), Attitudes (X4) on Variable Purchase Decision (Y). Beside that, it was found that sig. t ≤ α (0,000 ≤ 0,05) showed partially significant effect on the variables of Variables Motivation (X1), Perception (X2), Learning (X3), Attitudes (X4) on Variable Purchase Decision (Y). The value of Adjusted R square is 0,529 or 52,9%. It means that variables Motivation (X1), Perception (X2), Learning (X3), Attitudes (X4) has contribution on Purchase Decision (Y) 52,9%, while remaining 47,1 % was influanced by other variables out of the four independent variables comprised in tis research. Based on those resul, it is suggested that the company be able to maintain and improve the service and the flow of information system with better learning for users Go-jek, because this variable have big contribution of purchase decision. Therefore, it is supposed that this research have many positive contribution for PT Go-jek Indonesia improve service significantly.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/624/ 051608972
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Sep 2016 13:07
Last Modified: 28 Sep 2016 13:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118968
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item