Analisis Faktor-Faktor Experiential Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Legend Coffee Malang)

Munthaha, NizarRozaqieSyahrul (2016) Analisis Faktor-Faktor Experiential Marketing Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Legend Coffee Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor-faktor yang membentuk Experiential Marketing, untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh faktor-faktor yang terbentuk terhadap Loyalitas Pelanggan, dan untuk mengetahui dan menjelaskan faktor yang dominan dalam mempengaruhi Loyalitas Pelanggan. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian penjelasan dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Experiential Marketing yang terdiri dari Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), Relate (X5), dan Loyalitas Pelanggan (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Legend Coffee Malang yang berusia minimal 17 tahun dan pernah mengunjungi Legend Coffee Malang minimal dua kali. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 113 orang responden dengan menggunakan tenik purposive sampling dan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan analisis linier regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat lima buah faktor yang membentuk Experiential Marketing, yaitu Faktor Feel (X1), Faktor Act (X2), Faktor Sense (X3), Faktor Relate (X4), dan Faktor Think (X5). Kelima faktor tersebut berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa faktor Think merupakan faktor yang dominan dalam mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya pihak Legend Coffee Malang dapat mempertahankan dan meningkatkan konsep kafe yang menarik yaitu games kafe yang buka selama 24 jam dan memiliki 7 jenis permainan serta berbagai menu yang beragam, karena hal itu akan dapat meningkatkan Loyalitas Pelanggan dan intensitas konsumen untuk berkunjung di Legend Coffee Malang.

English Abstract

This research aims to describe and determine factors that formed Experiential Marketing, to describe and determine the effect factors of Experiential Marketing toward Customer Loyalty, to describe and determine dominant factors of Experiential Marketing toward Customer Loyalty. This type of research is explanatory research with quantitative approach. Variable in this research are Experiential Marketing consist of Sense (X1), Feel (X2), Think (X3), Act (X4), Relate (X5) and Customer Loyalty (Y). Population in this research is Customer Legend Coffee Malang aged 17 years old and older and have ever came to Legend Coffee Malang at least twice. The sample used in this research was 113 people chosen with purposive sampling and data collection methods in questionnaire. Data analysis used factor analysis and multiple regression analysis. The results shows that five factors formed of Experiential Marketing consist of Feel (X1), Act (X2), Sense (X3), Relate (X4), and Think (X5). Those five factors has significantly effect towards Customer Loyalty. From this analysis concluded that Think is dominant factor that formed Experiential Marketing. Based on this research’s result, Legend Coffee Malang should maintain and increase the café concept that open for 24 hours and have 7 kind of games which serve diverse menu, because it will increase the intensity of Customer Loyalty and consumers to visit at Legend Coffee Malang

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/621/ 051608969
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 28 Sep 2016 13:41
Last Modified: 28 Sep 2016 13:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118965
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item