Anggraeni, DitaPutri (2016) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pelanggan Nasi Rawon Di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan signifikansi pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan, (2) menjelaskan signifikansi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, (3) menjelaskan signifikansi pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research (penelitian penjelasan) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini meliputi Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, dan loyalitas pelanggan. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pelanggan yang telah berkunjung dan melakukan transaksi pembelian Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah minimal dua kali atau lebih. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 102 responden yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis jalur (path analisis). Hasil analisis jalur (path analisis) menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, serta kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian ini sebaiknya pemilik Rumah Makan Sakinah terus menjaga dan meningkatkan kualitas produk mulai dari cita rasa, porsi yang pas, fariasi lauk yang ditawarkan sampai memberikan jaminan halal bagi produk yang ditawarkan, hal ini dilakukan agar pelanggan terus merasa puas dan akan kembali dimasa yang akan datang.
English Abstract
This research aims to clarify 1) The influence of product quality to customer satisfaction 2) The influence of product quality to customer loyality 3) The influence of customer satisfaction to customer loyality This type of research is explanatory associative with quantitative approach. Variable in this research is product quality, customer satisfaction, and customer loyality. Population in this research is all customer ever bought nasi rawon in sakinah restaurant and was visited more than twice. The sample used in this research was 102 people chosen with purposive sampling. Analysis of data used descriptive analysis and path analysis. The result of path analysis shows that that product quality significantly influence to the customer satisfaction and customer loyality, and customer satisfaction significantly to customer loyality. Based on this research’s result the owner of sakinah restaurant have to keep and increase the quality from taste, size of product, the optional food varians till halal guaranty for all food. The owner have to do it to make the customer satisfied and will come in future.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/617/ 051608965 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 28 Sep 2016 10:54 |
Last Modified: | 28 Sep 2016 10:54 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118960 |
Actions (login required)
View Item |