Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Sikap Dan Niat Pembelian Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Di Rumah Makan Kimbap Rina Malang)

Zahra, NadiastikaHayyuna (2016) Pengaruh Kelompok Acuan Terhadap Sikap Dan Niat Pembelian Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Di Rumah Makan Kimbap Rina Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: (1) pengaruh variabel Kelompok Acuan terhadap variabel Sikap; (2) pengaruh variabel Kelompok Acuan terhadap variabel Niat Pembelian; (3) pengaruh variabel Kelompok Acuan terhadap variabel Keputusan Pembelian; (4) pengaruh variabel Sikap terhadap variabel Niat Pembelian; (5) pengaruh variabel Sikap terhadap variabel Keputusan Pembelian; dan (6) pengaruh variabel Niat Pembelian terhadap variabel Keputusan Pembelian. Penelitian ini menggunakan explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah konsumen yang sedang melakukan pembelian di rumah makan Kimbap Rina dan mendapatkan rekomendasi dari kelompok acuan. Menggunakan teknik purposive sampling, rumus Machin dan Champbell diaplikasikan untuk menghitung penarikan jumlah sampel, dengan hasil sebesar 116 orang responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data secara deskriptif dan path analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) variabel Kelompok Acuan (X) secara langsung memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Sikap (Y1); (2) variabel Kelompok Acuan (X) secara langsung memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Niat Pembelian (Y2); (3) variabel Kelompok Acuan (X) secara langsung tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y3); (4) variabel Sikap (Y1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Niat Pembelian (Y2); (5) variabel Sikap (Y1) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y3); dan (6) variabel Niat Pembelian (Y2) memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y3).

English Abstract

This study aims to identify and explain: (1) the effect of Reference Group variable to Attitude variable; (2) the effect of Reference Group variable to Purchase Intention variable; (3) the effect of Reference Group variable to Purchasing Decision variable; (4) the effect of Atitude variable to Purchase Intention variable; (5) the effect of Attitude variable to Purchase Decision variable; and (6) the effect of Purchase Intention variable to Purchase Decision variable. This research is explanatory research using quantitative approach. The population in this study are consumers who are making purchases at Kimbap Rina’s restaurant and get a recommendation from the reference group, using the formula of Machin and Champbell to count the number of samples withdrawal, has a yield of 116 respondents using purposive sampling technique. Methods of data collection using questionnaires. Data analysis techniques useing descriptive and path analysis. The result for this research are: (1) Reference Group variable (X) directly have a significant influence on the Attitude variable (Y1); (2) Reference Group variable (X) directly to have a significant influence on Purchase Intentions variable (Y2); (3) Reference Group variable (X) directly does not have a significant influence on the purchase decision variables (Y3); (4) Attitude variable (Y1) has a positive and significant impact on the variable Purchase Intentions (Y2); (5) Attitude variable (Y1) has no significant influence on the Purchase Decision variables (Y3); and (6) Purchase Intentions variable (Y2) has a significant influence on the purchase decision variables (Y3).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/615/ 051608963
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Kustati
Date Deposited: 07 Oct 2016 13:09
Last Modified: 07 Oct 2016 13:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118958
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item