Suwarduki, PuspaRatnaningrum (2016) Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Citra Destinasi Serta Dampaknya Pada Minat Dan Keputusan Berkunjung (Survei Pada Followers Aktif Akun Instagram Indtravel Yang Telah Mengunjungi Destinasi Wi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk memperkenalkan merek pariwisata Indonesia. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan merangsang terjadinya komunikasi electronic word of Mouth antar wisatawan melalui media sosial instagram. Komunikasi electronic word of mouth yang terjadi diakui dapat menanamkan citra destinasi di benak wisatawan sehingga dapat menumbuhkan minat dan keputusan wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Electronic Word of Mouth terhadap Citra Destinasi wisata Indonesia serta dampaknya pada Minat dan Keputusan Berkunjung. Survei dilakukan pada 113 followers aktif akun instagram Indtravel yang merupakan wisatawan lokal dan pernah mengunjungi destinasi wisata di Indonesia. Analisis data dilakukan dengan menggunakan path analysis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Citra Destinasi; 2) Electronic Word of Mouth berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung; 3) Electronic Word of Mouth berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan Berkunjung; 4) Citra Destinasi berpengaruh signifikan terhadap Minat Berkunjung; 5) Citra Destinasi berpengaruh tidak signifikan terhadap Keputusan Berkunjung; 6) Minat Berkunjung berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Berkunjung. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa electronic word of mouth melalui media sosial instagram merupakan salah satu cara yang efektif untuk membentuk citra destinasi dan menarik minat wisatawan sehingga dapat mempengaruhi keputusan berkunjung. Namun demikian, bagi wisatawan domestik merek destinasi wisata Indonesia merupakan faktor terakhir yang diperhitungkan oleh wisatawan lokal dalam menentukan keputusan berkunjung.
English Abstract
The development of information and communication technology growing rapidly can be used as a means to introduce Indonesian tourism brand. One way to introduce these brands is through electronic word of mouth on travelers using instagram. Electronic word of mouth communication is recognized can attach destination image on tourists minds so that can provoke thetourist interest and decision to visit tourism destination. The purpose of this study was to examine the influence of electronic word of mouth on the destination image of Indonesian tourism and its impact on the interest and visit decision. Survey was conducted on 113 active followers of Indtravel instagram account which local tourist destinations in Indonesia. Analysis were performed using path analysis. The result of this study indicate that 1) Electronic Word of Mouth is significantly effect on destination Image; 2) Electronic Word of Mouth is significantly effect on Visit Intention; 3) Electronic Word of Mouth is not significantly effect on Visit Decision; 4) destination Image is significantly effect on Visit Intention; 5) destination Image is not significanly effect on Visit Decision; 6) Visit Intention is significantly effect on Visit Decision. This study found that electronic word of mouth through social media instagram is one effective way to form destination Image and attract local so that can infuence local tourist to make visit decision. However, for local tourist, Indonesia’s tourism brand is the last factor to consider in determining the decision to visit.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIA/2016/614/ 051608962 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Kustati |
Date Deposited: | 07 Oct 2016 13:19 |
Last Modified: | 07 Oct 2016 13:19 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118957 |
Actions (login required)
View Item |