Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT. Surya Asbes Cement Group Malang),

Kartikasari, RatihDwi (2016) Pengaruh Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada Karyawan Bagian Produksi PT. Surya Asbes Cement Group Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masalah keselamatan dan kesehatan kerja bukan semata-mata tanggung jawab pemerintah tetapi merupakan tanggung jawab semua pihak terutama pengusaha, tenaga kerja dan masyarakat. Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah suatu program yang dibuat pekerja maupun pengusaha sebagai upaya mencegah timbulnya kecelakaan dan penyakit akibat kerja dengan cara mengenali hal-hal yang berpotensi menimbulkan kecelakaan dan penyakit akibat kerja serta tindakan antisipatif apabila terjadi kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Tujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan Keselamatan Kerja (X1) dan Kesehatan Kerja (X2) secara simultan terhadap Kinerja Karyawan (Y) PT. Surya Asbes Cement Group. Selain itu juga untuk mengetahui pengaruh signifikan Keselamatan Kerja (X1) terhadap Kinerja Karyawan (Y) dan sebaliknya, apakah ada pengaruh signifikan Kesehatan Kerja (X2) terhadap Kinerja Karyawan (Y) PT. Surya Asbes Cement Group. Penelitian ini adalah jenis penelitian penjelasan (explanatory research) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini sejumlah 68 Karyawan PT. Surya Asbes Cement Group Malang bagian Produksi yang memiliki bawahan (tenaga kerja borongan). Hasil dari penelitian ini adalah variabel-variabel keselamatan dan kesehatan kerja secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Kontribusi yang diberikan variabel-variabel tersebut cukup besar, sementara itu juga terdapat kontribusi variabel lain yang tidak disertakan dalam penelitian. Hubungan antara variabel-variabel keselamatan dan kesehatan kerja dengan kinerja karyawan bersifat searah dengan sifat hubungan yang cukup kuat. Keselamatan kerja dan kesehatan kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Pengaruh yang diberikan bersifat searah yang bermakna bahwa peningkatan program-program keselamatan kerja maupun kesehatan kerja akan menyebabkan peningkatan kinerja karyawan. Pengaruh dominan diberikan oleh keselamatan kerja didasarkan pada nilai koefisien regresi yang lebih besar dan probabilitas kesalahan (signifikansi) terkecil dibandingkan dengan variabel lain dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/610/051608958
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 06 Oct 2016 09:23
Last Modified: 06 Oct 2016 09:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118953
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item