Analisis Perbandingan Produk Merek Global dan Merek Lokal Terkait Bauran Pemasaran dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Angkatan 2012-2014 yang

Julianingtias, Yuwan (2016) Analisis Perbandingan Produk Merek Global dan Merek Lokal Terkait Bauran Pemasaran dan Pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Mahasiswa S1 Universitas Brawijaya Angkatan 2012-2014 yang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari konsep bauran pemasaran global (standardisasi/ adaptasi) terhadap keputusan pembelian konsumen lokal baik secara bersama-sama maupun parsial, dan mengetahui variabel yang memiliki pengaruh dominan, serta untuk mengetahui beda pengaruh bauran pemasaran global terhadap keputusan pembelian konsumen lokal dengan melakukan survei pada mahasiswa yang membeli produk make up merek Maybelline dan Wardah. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Produk (X1), Harga (X2), Distribusi (X3), dan Promosi (X4), dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Keputusan Pembelian (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Universitas Brawijaya, Malang. Meetode pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner melalui google docs. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi, dan analisis komparatif. Hasil dari uji F pada penelitian ini menunjukan nilai sig.F adalah sebesar 50,271, sedangkan F adalah sebesar 2,419 atau nilai Sig. F (0,000) < α = 0.05, sehingga variabel Produk (X1), Harga (X2), Distiribusi (X3), dan Promosi (X4) berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap variabel Keputusan Pembelian (Y). Berdasarkan hasil uji t dapat diketahui bahwa tiap variabel dalam bauran pemasaran yang terdiri dari Produk (X1), Harga (X2), Distribusi (X3), dan Promosi (X4) juga memiliki pengaruh signifikan secara parsial terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil uji t menunjukkan bahwa dari seluruh variabel independen Promosi (X4) adalah yang paling berpengaruh secara dominan, sebab memiliki koefisien beta paling besar, yakni sebesar 0.332. Nilai Adjusted R Square pada penelitian ini adalah 50,8%. Hal tersebut menunjukkan bahwa sebesar 50,8% Keputusan Pembelian dipengaruhi oleh Bauran Pemasaran. Hasil uji beda 2 sampel independen (t test independent) menunjukkan hasil bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengaruh Produk (X1), Harga (X2), Distribusi (X3), dan Promosi (X4) pada Maybelline dan Wardah terhadap Keputusan Pembelian (Y), sebab nilai sig.t lebih besar dari nilai α=0,05.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/601/051608949
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Oct 2016 11:46
Last Modified: 05 Oct 2016 11:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118943
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item