Pengaruh Harga Tembakau Internasional, Jumlah Produksi Domestik Dan Nilai Tukar Terhadap Nilai Ekspor Tembakau Indonesia (Studi Nilai Ekspor Tembakau Indonesia Tahun 1985-2014).

Kurniawati, AzmyMaulida (2016) Pengaruh Harga Tembakau Internasional, Jumlah Produksi Domestik Dan Nilai Tukar Terhadap Nilai Ekspor Tembakau Indonesia (Studi Nilai Ekspor Tembakau Indonesia Tahun 1985-2014). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga Tembakau Internasional, Jumlah Produksi Tembakau Domestik dan Nilai Tukar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Harga Tembakau Internasional (X1), Jumlah Produksi Tembakau Domestik (X2) dan Nilai Tukar (X3). Variabel terikat yaitu Nilai Ekspor Tembakau Indonesia (Y). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian penjelasan atau explanatory, dengan pendekatan kuantitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai ekspor tembakau Indonesia tahun 1985-2014. Data yang digunakan diperoleh dari website resmi Kementerian Pertanian, Bank Indonesia dan Bank Dunia. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistic regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS 20. Nilai koefisien determinasi Adjusted R² sebesar 0,784 yang berarti bahwa variabel bebas Harga Tembakau Internasional, Jumlah Produksi Tembakau Domestik dan Nilai Tukar mempengaruhi variabel terikat Nilai Ekspor Tembakau Indonesia sebesar 78,4% dan sisanya sebesar 21,6% dijelaskan oleh variabelvariabel lain yang tidak diteliti didalam penelitian ini. Hasil uji bersama-sama (uji F), menunjukkan bahwa Harga Tembakau Internasional, Jumlah Produksi Tembakau Domestik dan Nilai Tukar secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap Nilai Ekspor Tembakau Indonesia. Hasil uji parsial (uji t) menunjukkan variabel Harga Tembakau Internasional, Jumlah Produksi Domestik dan Nilai Tukar berpengaruh signifikan terhadap variabel Nilai Ekspor Tembakau Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka disarankan kepada pemerintah dan pihak eksportir untuk terus meningkatkan kualitas tembakau Indonesia dengan terus mengembangkan Program Revitalisasi Pertanian Indonesia sehingga daya saing tembakau Indonesia semakin meningkat. Lalu untuk pihak peneliti selanjutnya yang menjadikan penelitian ini sebagian acuan untuk mempertimbangkan untuk menambah variabel yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti variabel Produk Domestik Bruto negara importir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2016/600/051608948
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Oct 2016 11:22
Last Modified: 05 Oct 2016 11:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/118942
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item